Sedekah di Bulan Ramadhan yang Bisa Dilakukan untuk Menambah Pahala

Oleh Liputan6.com pada 21 Apr 2021, 18:05 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 18:05 WIB
Sedekah Ilustrasi (iStock)
Perbesar
Sedekah Ilustrasi (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Setiap umat muslim di dunia, dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sedekah. Sedekah merupakan salah satu amalan yang dicintai Allah SWT terutama di bulan suci Ramadhan.

Banyak yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya sedekah sangat ringan untuk dilakukan. Dengan melakukan sedekah, kita dapat membuat hati lebih tenang dan damai.

Allah SWT akan senantiasa untuk mempertimbangkan amalan serta perbuatan yang dilakukan hamba-Nya dan kelak akan membalasnya. Hal ini dijelaskan dalam Alquran surat Az-Zalzalah ayat 7 yang berbunyi"

فَمَنۡ يَّعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ خَيۡرًا يَّرَهٗ

Artinya:

"Maka barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji zarrah, niscaya dia akan melihatnya (balasan)."

Berikut macam-macam sedekah yang dapat dilakukan untuk menambah pahala di bulan suci Ramadhan:

 

2 dari 9 halaman

1. Senyum Kepada Sesama

Tak hanya tentang materi, sedekah juga bisa dilakukan dengan sangat sederhana yakni dengan memberikan senyuman kepada sesama manusia. Pahala sudah pasti akan diperoleh apabila kita melakukan ibadah ini.

Bahkan, memberikan senyum kepada sesama dapat mempererat tali silaturahmi antar saudara, sanak, kerabat dan juga orang yang baru kita kenal. Hal ini tertera dalam hadis riwayat muslim yang berbunyi.

"Janganlah engkau meremehkan kebaikan sekecil apapun, walaupun itu hanya berupa wajah ceria di hadapan saudaramu." (HR. Muslim).

 

3 dari 9 halaman

2. Menyingkirkan Hal-hal yang Mengganggu di Jalan

Selanjutnya sedekah juga dapat kita lakukan dengan hal sederhana, seperti menyingkirkan hal-hal yang menggangu di jalanan. Bisa dengan menyingkirkan batu di jalan, memotong ranting pohon, dan lain sebagainya.

Selain itu, kita juga dapat menolong orang lain agar terhindar dari berbagai hal buruk yang akan menimpanya. Dalam hadis riwayat Al Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

"Setiap persendian manusia ada sedekahnya setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya, kamu mendamaikan di antar dua orang adalah sedekah, kamu membantu orang untuk menaikkannya di atas kendaraannya adalah sedekah, kalimat yang baik adalah sedekah, tiap langkah menuju shalat adalah sedekah, dan membuang gangguan dari jalan adalah sedekah." (HR. Al Bukhari).

 

4 dari 9 halaman

3. Memberikan Salam

Selain itu, melakukan hal sederhana dengan memberikan salam kepada orang lain juga dianggap sebagai sedekah bagi siapapun yang melakukannya.

Karena, salam merupakan suatu doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT setiap bertemu dengan orang lain.

 

5 dari 9 halaman

4. Membangun Masjid

Mendirikan masjid atau memberikan sebagian tanah yang kita miliki untuk diwakafkan menjadi masjid merupakan salah satu jenis sedekah.

Sedekah ini akan menjadi pahala yang mengalir selama masjid yang telah dibangun aktif digunakan untuk beribadah.

Hal ini biasa disebut dengan amal jariyah atau amalan yang terus mengalir meskipun orang tersebut telah meninggal dunia.

 

6 dari 9 halaman

5. Membuat Buku yang Bermanfaat

Apabila kita membuat buku terutama yang berisi ajaran Islam maupun kebaikan dapat menjadi salah satu jenis sedekah yang dapat kita lakukan. Karena, kita dapat memberikan ilmu yang bermanfaat kepada banyak orang.

 

6. Berbagi Ilmu

Tak hanya membuat buku yang bermanfaat, dengan mengajarkan ilmu apa yang kita miliki kepada orang lain juga menjadi salah satu jenis sedekah yang dapat dilakukan secara sederhana.

Hal ini disebabkan, dengan kita berbagi ilmu kepada sesama akan membuat orang tersebut membagikan ilmu mereka juga kepada setiap orang.

 

7 dari 9 halaman

7. Dirikan Panti Asuhan

Mendirikan panti asuhan menjadi salah satu sedekah yang mendatangkan banyak pahala. Alquran telah menyebutkan bahwa seorang anak yatim memiliki beberapa keistimewaan.

Salah satunya yakni doa yang dipanjatkan akan senantiasa dikabulkan oleh Allah SWT.

 

8. Memberikan Makanan dan Minuman

Selain itu, kita juga dapat membagikan makanan dan minuman kepada setiap orang yang membutuhkan. Hal ini dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Muslim yang berbunyi.

"Sebaik-baiknya sedekah adalah memberi air minum." (HR. Muslim).

 

8 dari 9 halaman

9. Mewariskan Alquran

Sedekah terakhir ini biasanya dilakukan pada zaman Rasulullah SAW. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa hal ini juga dapat dilakukan sekarang.

Kita dapat memberikan Alquran kepada orang-orang yang membutuhkan atau masjid terdekat. Rasulullah SAW bersabda.

"Sesungguhnya termasuk amalan dan kebaikan orang mukmin yang masih mengalir setelah kematiannya adalah ilmu yang diajarkan dan disebarkannya, atau anak salih yang ditinggalkannya, atau mushaf Alquran yang diwariskannya, atau masjid yang dibangunnya, atau rumah singgah bagi para musafir yang dibangunnya, atau sungai yang dialirkannya, atau sedekah yang dikeluarkan dari hartanya saat sehatnya dan di masa hidupnya, (semua itu) masih mengalir kepadanya setelah kematiannya." (HR. Ibnu Majah).

 

Cinta Islamiwati

Sumber: Merdeka

Reporter: Mutia Anggraini

9 dari 9 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓