Sukses

Tips Berkendara Motor Agar Tidak Cepat Dehidrasi Saat Puasa

Bulan puasa membuat pola makan dan minum sehari-hari berubah. Jika tidak hati-hati, Anda bisa saja merasakan dehidrasi, yang biasanya ditandai dengan kepala pusing.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan puasa membuat pola makan dan minum sehari-hari berubah. Jika tidak hati-hati, Anda bisa saja merasakan dehidrasi, yang biasanya ditandai dengan kepala pusing.

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh Anda kekurangan cairan sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Untuk yang masih harus berkegiatan di luar, dan menggunakan motor, ini tips agar tidak cepat dehidrasi saat puasa, seperti dilansir laman resmi Federal Oil:

1. Minum Air Sesuai Kebutuhan

Dr Meirda Retna Kencana, Dokter Umum Rumah Sakit Usada Insani Tangerang, menyarankan sebaiknya mengkonsumsi cairan minimal dua liter saat puasa.

"Untuk pekerja berat atau melelahkan, seperti kurir atau Ojol, sebaiknya mengonsumsi air mineral 2 sampai 4 liter," Saran Dr Meirda

Untuk konsumsi air mineral tidak harus sekaligus, bisa dibagi waktunya, mulai dari bangun sahur, saat sahur, sebelum imsak, saat berbuka puasa, setelah sholat maghrib, pasca sholat tarawih dan satu jam sebelum tidur.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kurangi Makanan Asin Saat Sahur

Saat makan sahur sebaiknya kurangi atau hindari makan-makanan yang asin. Karena garam sangat berpengaruh terhadap pengaturan cairan di tubuh.

Jika terlalu banyak makanan asin yang masuk ke dalam tubuh, menyebabkan Anda akan cepat merasakan haus, padahal waktu masih pagi.

3. Makan Buah Yang Mengandung Air

Selain mengkonsumsi banyak air mineral, ada baiknya Anda juga makan buah yang mengandung banyak air, seperti Melon, Semangka dan jeruk.

Anda bisa makan buah saat berbuka, atau setelah makan sahur, selain mendapatkan vitamin dari buah, tubuh juga mendapatkan pasokan air yang cukup saat puasa.

3 dari 4 halaman

4. Makan Sayuran Yang Mengandung Air

Cairan tak hanya didapatkan dari minuman saja, tapi bisa juga dari makanan. Sebenarnya 10-20% kebutuhan cairan bisa Anda dapatkan dari makanan.

Oleh karena itu, pilihlah makanan yang mengandung cukup air sehingga Anda bisa kenyang sekaligus kebutuhan cairan Anda terpenuhi.

5. Berteduh di Tempat Yang Lembab

Jika pekerja lapangan sebagai kurir atau Ojol, carilah tempat istirahat yang teduh yang udaranya cukup lembap.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.