Benarkah 17 Ramadhan Adalah Saat Diturunkannya Al-Qur'an?

Oleh Liputan6.com pada 21 Apr 2021, 18:05 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 18:05 WIB
Nuzulul
Perbesar
Ilustrasi Al-Qur’an Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Bulan suci Ramadhan juga dikenal sebagai "Bulan Alquran". Karena pada bulan ini, Alquran diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah SAW melalui perantara Malaikat Jibril pada bulan Ramadhan.

Diturunkan sebagai petunjuk bagi seluruh umat manusia, Alquran tidak hanya berisi interaksi Tuhan dengan hamba-Nya, melainkan juga sesama manusia.

Turunnya Alquran ini biasa dikenal dengan Nuzulul Quran. Para ulama masih bersilang pendapat terkait kapan tanggal turunnya Alquran ni.

Namun, mayoritas muslim merayakan 17 Ramadhan sebagai Nuzulul Quran, meskipun tanggal tersebut masih diperselisihkan.

Untuk mengetahui kapan tepatnya turunnya Alquran terjadi, berikut penjelasanya dalam sejumlah ayat yang dikutip dari laman Islami.co, Abdul Wadud Al Hanif dalam kitab Nuzulul Quran wal Inayah bihi fi Ahdin Nabi: 

2 dari 5 halaman

1. Surat Al-Baqarah Ayat 185

Menurut Abu Jafar Ath-Thabari dalam kitab Jamiul Bayan fi Ta’wilil Quran, Al-quran diturunkan pada bulan Ramadhan tepatnya pada malam Lailatul Qadar dari Lauhul Mahfuz.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ

 Artinya:

"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)."

 

3 dari 5 halaman

2. Surat Ad-Dukhan Ayat 3

Abu Jafar Ath-Thabari juga menyebutkan bahwa Alquran diturunkan pada lailah mubarakah (malam yang berkah) atau malam lailatur qadr, malam seribu bulan.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

Artinya:

"Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan."

 

4 dari 5 halaman

3. Surat Al-Anfal Ayat 41

Imam Ibnu Ishaq (w: 85 h) berpendapat bahwa Nuzulul Quran jatuh pada tanggal 17 bulan Ramadhan. Pendapat ini berdasarkan pada surat Al-Anfal ayat 41:

وَاعْلَمُوا أَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَأَنَّ لِلَّهِ خُمُسَهُ وَلِلرَّسُولِ وَلِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ إِنْ كُنْتُمْ آمَنْتُمْ بِاللَّهِ وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ ۗ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya:

"Ketahuilah, sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka sesungguhnya seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnussabil. Jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."

 

Cinta Islamiwati

Sumner: Dream.co.id

Reporter: Ahmad Baiquni

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilhan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓