Jadwal Imsak Hari Ini Selasa 20 April 2021 dan Cara Kendalikan Lapar Saat Puasa

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 20 Apr 2021, 02:40 WIB
Diperbarui 20 Apr 2021, 03:46 WIB
Jadwal Imsak Hari Ini
Perbesar
Jadwal Imsak Hari Ini / Sumber: iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta Jadwal imsak hari ini Selasa 20 April 2021 adalah waktu yang penting diketahui bagi umat Muslim yang menjalankan puasa Ramadan. Imsak adalah waktu yang digunakan sebagai batas umat Muslim dapat menjalankan santap sahur.

Dengan mengetahui jadwal imsak hari ini Selasa 20 April 2021, Anda dapat mengetahui patokan kapan harus berhenti untuk santap sahur. Dikarenakan perbedaan zona waktu, jadwal imsak di Indonesia berbeda dari satu daerah ke daerah lain.

Maka dari itu penting mengetahui jadwal imsak sesuai daerah tempat Anda melakukan santap sahur. Nah agar tidak telat saat santap sahur hari ini, sudah sebaiknya Anda mengetahui jadwal imsak hari ini Selasa 20 April 2021. Berikut jadwal imsak hari ini Selasa 20 April 2021 dilansir Liputan6.com dari laman Kementrian Agama Republik Indonesia, Selasa (20/4/2021).

2 dari 5 halaman

Jadwal imsak hari ini Selasa 20 April 2021

Jadwal Imsak Hari Ini
Perbesar
Sahur / Sumber: iStockphoto

Berikut jadwal Imsak Hari Ini Selasa 20 April 2021 atau 8 Ramadan 1442 H di beberapa kota besar Indonesia:

Banda Aceh 05:03 WIB

Medan 04:52 WIB

Padang 04:49 WIB

Pekanbaru 04:44 WIB

Tanjung Pinang 04:31 WIB

Palembang 04:33 WIB

Bandung 04:25 WIB

Jakarta 04:27 WIB

Yogyakarta 04:14 WIB

Semarang 04:13 WIB

Surabaya 04:05 WIB

Pontianak 04:12 WIB

Banjarmasin 04:54 WITA

Denpasar 04:55 WITA

Makassar 04:36 WITA

Palu 04:31 WITA

Mataram 04:52 WITA

Kupang 04:23 WITA

Ambon 05:00 WIT

Sorong 04:45 WIT

Jayapura 04:09 WIT

3 dari 5 halaman

Cara Kendalikan Rasa Lapar Saat Berpuasa

Ilustrasi Muslim, puasa, buka puasa, sahur
Perbesar
Ilustrasi Muslim, puasa, buka puasa, sahur. (Photo by Michael Burrows from Pexels)

Makan Cukup Protein

Tidak semua makanan memuaskan rasa lapar. Dibandingkan dengan karbohidrat, protein dan lemak tertentu lebih efektif untuk memuaskan rasa lapar dan membuat orang merasa kenyang lebih lama. Seseorang dapat mengganti beberapa sumber karbohidrat dengan protein dan lemak sehat untuk membantu menjaga nafsu makan mereka terkendali.

Menambahkan lebih banyak protein ke dalam makan sahur dan berbuk adapat meningkatkan perasaan kenyang, membuat makan lebih sedikit saat makan berikutnya dan membantu menghilangkan lemak. Selain itu, asupan protein tinggi dapat membantu mencegah hilangnya otot ketika kalori harian berkurang sat berpuasa.

Pilihlah Makanan Kaya Serat

Asupan serat tinggi dapat meregangkan perut, memperlambat laju pengosongannya dan mempengaruhi pelepasan hormon kenyang. Selain itu, serat bisa berfermentasi di usus. Ini menghasilkan asam lemak rantai pendek yang dipikirkan untuk lebih membantu meningkatkan perasaan kenyang.

Bahkan, sebuah ulasan melaporkan bahwa menambahkan kacang, kacang polong, buncis, dan lentil yang kaya serat ke dalam makanan Anda dapat meningkatkan perasaan kenyang sebesar 31% dibanding makanan lain. Saat berbuka dan sahur perbanyaklah konsumsi buah dan sahur untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

Cukup Tidur

Saat bulan puasa pola tidur akan berubah. Maka dari itu penting untuk meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang cukup dan berkualitas juga dapat membantu mengurangi rasa lapar dan melindungi dari kenaikan berat badan. Studi menunjukkan bahwa terlalu sedikit tidur dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan hingga 24%, dan menurunkan kadar beberapa hormon rasa kenyang hingga 26%. Anda bisa mengatasi kurang tidur malam dengan tidur siang berkualitas di siang hari.

4 dari 5 halaman

Cara Kendalikan Rasa Lapar Saat Berpuasa

Ilustrasi sahur
Perbesar
Ilustrasi sahur (sumber: iStock)

Olahraga

Olahraga dianggap mengurangi aktivasi daerah otak yang terkait dengan rasa ingin makan, yang dapat menghasilkan motivasi makan yang lebih rendah. Ini juga dapat mengurangi kadar hormon kelaparan, sambil meningkatkan perasaan kenyang. Meski berpuasa, Anda dapat melakukan olahraga ringan untuk kebugaran tubuh. Anda bisa melakukan jogging sebelum berbuka, jalan santai, atau bersepeda.

Visualisasikan Makan Makanan yang Diinginkan

Menurut beberapa peneliti, membayangkan diri Anda menikmati makanan yang paling Anda sukai sebenarnya mengurangi keinginan Anda untuk memakannya. Dalam satu percobaan, 51 peserta pertama kali membayangkan makan tiga atau 33 butir snack cokelat sebelum diberi akses ke semangkuk permen. Mereka yang membayangkan makan lebih banyak snack cokelat, rata-rata makan permen 60% lebih sedikit.

Para peneliti menemukan efek yang sama ketika mereka mengulangi percobaan menggunakan keju, bukan snack cokelat. Tampaknya latihan visualisasi dapat menipu pikiran untuk meyakini bahwa seseorang telah makan makanan yang diinginkan, secara signifikan mengurangi hasrat terhadapnya.

5 dari 5 halaman

Cara Kendalikan Rasa Lapar Saat Berpuasa

Ilustrasi sakit perut
Perbesar
Ilustrasi lapar (sumber: cottonbro from Pexels)

Kurangi Stres

Stres yang berlebihan diketahui meningkatkan kadar hormon kortisol. Walaupun efeknya dapat bervariasi antar individu, kortisol tinggi umumnya dianggap meningkatkan keinginan makan dan dorongan untuk makan. Stres juga dapat menurunkan kadar peptida YY (PYY), hormon rasa kenyang. Menemukan cara untuk mengurangi tingkat stres Anda mungkin tidak hanya membantu mengurangi rasa lapar, tetapi juga mengurangi risiko obesitas dan depresi.

Minum air sebelum makan

Minum segelas besar air secara langsung sebelum makan diklaim membuat seseorang merasa lebih kenyang, lebih puas, dan kurang lapar setelah makan. Para ilmuwan percaya bahwa sekitar 17 ons (500 ml) air cukup untuk meregangkan perut cukup untuk mengirim sinyal kepenuhan ke otak. Saat berpuasa, tubuh juga rentan kekurangan cairan. Maka dari itu penting untuk mengonsumsi banyak air putih saat berbuka dan sahur.

Lanjutkan Membaca ↓