Sukses

Wejangan Ulama untuk Pesepak Bola Muslim : Doa di Bulan Ramadan Lebih Cepat Didengar

Ajmal Masroor, pernah memberikan nasihat untuk pesepak bola Muslim kala menjalani ibadah puasa Ramadan di Eropa.

Liputan6.com, Jakarta Ajmal Masroor menegaskan bahwa sebenarnya tidak ada alasan bagi seorang pesepak bola muslim, khususnya di Eropa, untuk menghindari kewajiban puasa di bulan Ramadan.

Ulama Inggris yang berbasis di London itu, menjelaskan pengecualian untuk tidak berpuasa di bulan suci ini adalah mereka yang sakit atau bepergian. Itupun, kata dia, dapat diganti di hari-hari tertentu," ujar Masroor, seperti dikutip dari Goal.

"Namun, jika seorang pemain sepak bola mengatakan kepada saya seperti ini : 'Saya tidak dapat memenuhi kewajiban profesional saya jika berpuasa.' Tentunya, saya tidak dapat menganggap ini sebagai alasan yang dapat diterima."

Masroor yang juga merupakan anggota Dewan Muslim Inggris itu, memberi nasihat kepada pemain bola Muslim di Eropa, puasa Ramadan merupakan kewajiban. Dan berpuasa itu tidak akan membahayakan kariernya.

"Petugas pemadam kebakaran harus berpuasa, petugas polisi harus berpuasa, guru sekolah harus berpuasa di bulan Ramadan. Ini adalah bagian dari tantangan yang kami hadapi," ujar Masroor.

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cepat Dikabul

Masroor memastikan, puasa Ramadan tidak bakal menghancurkan karier pesepak bola. Dia menyebut, doa-doa orang berpuasa bakal didengar lebih cepat dari Allah.

Menurutnya, jika seorang pemain bola menghasilkan 100 ribu pound sterling seminggu, tapi malah mengatakan bahwa puasa selama satu bulan akan membahayakan kariernya, itu tidak benar-benar valid.

3 dari 4 halaman

Sangat Bermanfaat

"Satu bulan doa dan puasa yang dijalani penuh mungkin sangat bermanfaat bagi pemain itu. Saya pikir jika kita akan benar-benar multikultural maka klub dan pelatih harus beradaptasi dengan Ramadan untuk pemain Muslim mereka," katanya.

Sementara itu, pesepak bola muslim top dunia turut merayakan dimulainya Ramadan pada 13 April lalu. Ada banyak pesepak bola muslim yang turut merayakan bulan puasa Ramadan yang selalu ditunggu umat muslim sedunia.

4 dari 4 halaman

Muslim Taat

Paul Pogba, Sadio Mane, Xherdan Shaqiri, Mohamed Salah dan Karim Benzema sederet nama yang bisa disebut sebagai pesepak bola muslim yang taat. Sederet doa dan harapan pun mereka apungkan begitu Ramadan tiba.

Paul Pogba berharap Ramadan bisa menjadi hari yang berkah buat semua yang merayakan saat bersama keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.