Sukses

Sambil Ngabuburit, Coba Belajar Setel Kopling Motor

Pemilik sepeda motor manual bisa menunggu waktu berbuka puasa sambil mengecek sistem kopling motor Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik sepeda motor  manual bisa menunggu waktu berbuka puasa sambil mengecek sistem kopling motor Anda.

Agar kopling tetap dalam kondisi prima dan bisa bekerja dengan sempurna, maka perlu dilakukan perawatan kopling motor dengan pemeriksaan dan penyetelan secara berkala. Langkah pertama bisa dilakukan dengan memastikan jarak main bebas pada handle kopling harus selalu berada pada kisaran 10-20 mm.

Anda bisa melakukan penyetelan dengaan cara melonggarkan mur pengunci, kemudian putar mur penyetel sampai dapat standar jarak main bebas yang dinginkan. Dan terakhir kencangkan mur pengunci itu lagi.

"Untuk melakukan penyetelan kopling yang ada di bagian bawah dekat mesin, bisa dilakukan dengan melonggarkan mur pengunci, putar mur penyetel sampai mendekati standar jarak main bebas, kencangkan mur pengunci dan lakukan penyetelah pada sisi atas dekat handle kopling untuk mendapatkan standar jarak main bebas," ujar Achmad, mekanik bengkel Dias Motor, Kebon Jeruk.

Pemeriksaan bagian sistem kopling juga bisa menggunakan feeling Anda sendiri. Jika kopling sudah berada di setelan yang normal, maka gejala yang ditimbulkan adalah saat anda melakukan perpindahan gigi.

Jika kopling sudah disetel jarak bebasnya, maka performa kopling akan lebih mulus dan tidak terjadi slip.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kopling Tidak Maksimal Memengaruhi Performa Pelumas

Namun jika kopling sudah aus, gejala yang akan timbul mulai dari saat melakukan perpindahan gigi tidak bisa dilakukan dengan mulus, saat akselerasi terasa selip.

"Efek lainnya jika kopling sudah tidak maksimal, adalah sepeda motor terasa kurang tenaga, dan bahkan oli mesin menjadi cepat berubah warna atau kotor," tambah Achmad.

Setelah melakukan penyetelan kopling, lakukan pemeriksaan dengan meletakkan kendaraan dalam keadaan kondisi standar tengah. Kemudian hidupkan mesin, tekan handle kopling serta masukan ke gigi 1 dan lakukan pemeriksaan roda belakang sepeda motor.

Kopling motor yang normal adalah ketika kopling ditekan penuh, roda belakang tidak akan berputar ketika gas dipuntir dalam keadaan masuk gigi. Sedangkan saat kopling ditekan setengah, roda belakang mulai berputar secara perlahan dan ketika kopling dilepas penuh roda belakang akan berputar.

3 dari 3 halaman

Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.