Sukses

Mudahnya Bayar Zakat Fitrah Lewat Bukalapak

Bagi kamu yang ingin membayar zakat fitrah, kamu bisa memanfaatkan fitur BukaZakat di Bukalapak mulai 13 April 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang ingin membayar zakat fitrah di bulan Ramadhan, kamu bisa memanfaatkan fitur BukaZakat di Bukalapak mulai 13 April 2021.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat memilih lembaga zakat yang diinginkan.

Ada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), NU Care Lazismu, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, serta Pusat Zakat Umat untuk membayar zakat penghasilan, zakat harta (maal), hingga zakat fitrah.

Nah, berikut adalah cara membayar zakat melalui fitur BukaZakat di Bukalapak.

  1. Klik menu Sosial & Masyarakat di laman depan Bukalapak, lalu pilih BukaZakat.
  2. Pilih jenis zakat yang dibayar.
  3. Masukkan nominal zakat sesuai kebutuhan. Tersedia pula kalkulator zakat untuk membantu pengguna menghitung jumlah zakat yang harus dibayarkan.
  4. Pengguna akan diarahkan mengisi pendapatan per bulan, pendapatan tambahan dan tagihan atau utang per bulan. Nantinya, sistem akan menampilkan nominal yang dapat dipakai untuk membayar zakat, lalu klik Nominal untuk melanjutkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Selanjutnya pilih lembaga zakat dan nama lengkap pembayar zakat. Jika ingin melakukan pembayaran zakat sebagai anonim, centang pada bagian 'Berzakat Sebagai Anonim' dan lanjutkan klik Bayar Zakat.
  • Sistem lalu akan menampilkan 'Niat Mengeluarkan Zakat' untuk dibaca pembayar zakat, lalu pengguna dapat mencentang 'Saya Telah Membaca Niat', kemudian klik Bayar Zakat.
  • Terakhir, pilih metode pembayaran yang diinginkan dan lakukan pembayaran sesuai nominal yang tertera pada tagihan. Perlu diingat, opsi pembayaran kartu kredit dan Kredivo tidak dapat dilakukan membayar zakat.

Selain untuk membayar zakat, pengguna Bukalapak juga dapat melakukan donasi lewat fitur BukaDonasi. Langkah-langkahnya pun tidak berbeda jauh dari yang dijelaskan di atas. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.