Jadwal Buka Puasa Hari ini Minggu 18 April 2021 di Kota Besar, Perhatikan Bahaya Minum Es

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 18 Apr 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 18 Apr 2021, 16:00 WIB
Jadwal Buka Puasa Hari ini Minggu 18 April 2021 di Kota Besar, Perhatikan Bahaya Minum Es Saat Buka Puasa
Perbesar
Ilustrasi jadwal buka puasa. (Foto: Paul Reiffer)

Liputan6.com, Jakarta Jadwal buka puasa hari ini Minggu 18 April 2021 berbeda-beda disetiap kota besar. Meskipun  kota yang satu dengan kota yang lain berdekatan, namun mengenai jadwal buka puasa juga berbeda-beda. Hari ini kita sudah memasuki puasa hari keenam, untuk itu Jangan sampai terlewat karena jadwal buka puasa hari ini Minggu 18 April 2021, merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu seluruh umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa.

Bahkan jadwal buka puasa hari ini Minggu 18 April 2021, juga digunakan sebagai patokan waktu berbuka puasa bagi seluruh umat muslim di kota-kota besar. Dengan mengetahui waktu tepat untuk berbuka puasa, maka akan lebih mudah bagi kita untuk menyegerakannya. Ibadah puasa menjadi lebih berkah dan berpahala tentunya.

Selain mengetahui jadwal buka puasa hari ini, penting juga untuk mengetahui bahaya mengonsumsi minuman es saat buka puasa. Tentu supaya mengetahui penyakit apa yang akan datang saat Anda meminum es saat buka puasa.

Berikut telah dirangkum oleh Liputan6.com tentang jadwal buka puasa hari ini dan perhatikan pula bahaya minum es saat berbuka puasa dari berbagai sumber, Minggu (18 April 2021).

2 dari 3 halaman

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Minggu 18 April 2021

Jadwal Buka Puasa Hari ini Minggu 18 April 2021 di Kota Besar, Perhatikan Bahaya Minum Es Saat Buka Puasa
Perbesar
Ilustrasi jadwal buka puasa. (Ilustrasi: Pexels.com)

Berikut jadwal buka puasa hari ini Minggu 18 April 2021 di Kota Besar Indonesia, dilansir dari Kementerian Agama RI:

Banda Aceh 18:48 WIB

Medan 18:33 WIB

Padang 18:23 WIB

Pekanbaru 18:20 WIB

Palembang 18:04 WIB

Bandung 17:49 WIB

Jakarta 17:53 WIB

Yogyakarta 17:38 WIB

Semarang 17:38 WIB

Surabaya 17:29 WIB

Pontianak 17:48 WIB

Banjarmasin 18:25 WITA

Denpasar 18:18 WITA

Makassar 18: 04 WITA

Palu 18:06 WITA

Mataram 18:15 WITA

Kupang 17:44 WITA

Ambon 18:30 WIT

Sorong 18:19 WIT

Jayapura 17:40 WIT

3 dari 3 halaman

Bahaya Minum Es Saat Berbuka Puasa

Jadwal Buka Puasa Hari ini Minggu 18 April 2021 di Kota Besar, Perhatikan Bahaya Minum Es Saat Buka Puasa
Perbesar
Ilustrasi Minuman dingin Credit: unsplash.com/Wesual

Dalam studi kasus, minuman yang terlalu dingin justru membuat kerja lambung lambat karena harus menyesuaikan dengan suhu tubuh. Terlebih lagi, perut telah lama tidak terisi makanan ataupun minuman saat puasa. Alhasil, lambung pasti akan kaget ketika menerima air es saat dikonsumsi ketika buka puasa. Selain masalah lambung tersebut ada berbagai gangguan kesehatan lainnya yang timbul akibat mengonsumsi air es saat berbuka puasa. Berikut bahaya minum es saat buka puasa.

1.  Gangguan pencernaan

Para ahli mengklaim bahwa air dingin dan minuman dingin lainnya membuat pembuluh darah kencang, sehingga menghambat pencernaan. Hal ini juga menghambat proses alami menyerap nutrisi selama pencernaan. Suhu normal tubuh adalah 37 °C, dan ketika kita mengonsumsi sesuatu yang bersuhu sangat rendah, tubuh akan menggantinya dengan mengeluarkan energi untuk mengatur suhu ini. Energi ekstra ini yang sekarang digunakan untuk mengatur suhu yang digunakan dalam proses pencernaan dan menyerap nutrisi.

2.  Sakit tenggorokan

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi air dingin dalam kondisi perut kosong dan sering mengonsumsinya dapat mengakibatkan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Bahkan air dingin yang sering dikonsumsi ini dapat menghasilkan penumpukkan lendir berlebih di membran mukosa saluran pernapasan. Ketika saluran pernapasan ini tersumbat, umumnya akan menjadi rentan terhadap banyak infeksi peradangan.

3.  Melemahkan detak jantung

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa air dingin mungkin berperan dalam menurunkan detak jantung. Minum air es merangsang saraf vagus yang merupakan bagian penting dari sistem saraf otonom tubuh, dan memediasi penurunan denyut jantung. Saat kita mengonsumsi air dingin, suhu air yang rendah menstimulasi saraf untuk menyebabkan detak jantung turun. Oleh karena itu, tidak dianjurkan mengonsumsi air es atau minuman terlalu dingin saat buka puasa atau ketika tubuh dalam kondisi lemah.

4.  Menghambat laju makanan ke perut

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi air dingin dalam keadaan perut kosong dapat menimbulkan akalasia.  Akalasia adalah suatu kondisi yang membatasi kemampuan tubuh untuk melewati makanan melalui kerongkongan dan melewati perut.

5.  Sakit Kepala

Beberapa penelitian menyatakan bahwa air es atau air dingin dapat mengakibatkan sakit kepala seperti migrain. Bahkan ketika kita makan atau minum yang terlalu dingin akan menyebabkan kepala dan otak kita terasa membeku atau yang biasa disebut dengan brain freeze. Brain freeze ini dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di sekitar kepala secara tiba-tiba, ini yang menyebabkan air es atau minuman yang terlalu dingin dapat menyebabkan sakit kepala.

Itu tadi mengenai jadwal buka puasa di berbagai kota besar Indonesia beserta bahaya minum air es saat berbuka puasa. Jadi daripada menimbulkan masalah kesehatan selama puasa, lebih baik kita mengurangi konsumsi air dingin atau air es saat buka puasa. Jika ingin minum air es, sebaiknya dikonsumsi setelah makan malam atau mengonsumsi makan berat.

Lanjutkan Membaca ↓