Sukses

Lima Waktu Mustajab Berdoa saat Bulan Ramadan

Doa orang yang sedang berpuasa, menurut Rasulullah SAW, sama dengan doanya para pemimpin yang adil dan orang yang dizalimi.

Liputan6.com, Jakarta Bagi umat Islam, Ramadan adalah bulan tempat doa dan harapan dicanangkan. Bulan penuh ampunan ini memiliki banyak waktu mustajab untuk memanjatkan doa.

Bulan Ramadan disebut sebagai yang paling istimewa dari bulan-bulan lainnya, bahkan bila bilangan bulan itu seribu. Bulan tempat umat Islam menyucikan dirinya itu sayang untuk dilewatkan.

Bermula dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, yaitu di saat umat Islam mengerjakan ibadah puasa, alias seharian penuh adalah salah satu waktu paling ampuh untuk berdoa.

Doa orang yang sedang berpuasa, menurut Rasulullah SAW, sama dengan doanya para pemimpin yang adil dan orang yang dizalimi. Doa mereka tidak ditolak oleh Allah.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Rasulullah bersabda, “Ada tiga golongan yang doa mereka tidak ditolak: (1) orang yang berpuasa hingga ia berbuka, (2) pemimpin yang adil dan (3) doa orang yang dizalimi.” (HR. Tirmidzi)

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waktu Mustajab Berdoa saat Ramadan

1. Saat Sahur

Salah satu waktu mustajab untuk berdoa saat Ramadan adalah waktu sahur. Waktu sahur adalah waktu di mana malam hampir berakhir, atau menjelang dikumandangkannya azan Subuh.

Allah SWT berfirman, “Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan.” (QS. Adz Dzariyat: 18)

2. Menjelang Berbuka Puasa

Menjelang beduk Magrib, juga merupakan waktu mustajab untuk memanjatkan doa. Waktu menjelang berbuka ini, Allah akan mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan para hamba-Nya.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak tertolak pada saat berbuka.” (HR. Ibnu Majah)

3. Sepertiga Malam

Waktu sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk mengerjakan salat tahajud. Di waktu ini juga merupakan waktu yang pas untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

3 dari 3 halaman

4. Saat Azan

Rasulullah SAW bersabda, “Doa tidak tertolak pada dua waktu, yaitu ketika azan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang.” (HR. Abu Daud)

5. Malam Lailatul Qadar

Tidak diragukan lagi, malam Lailatul Qadar adalah malam yang paling dinanti umat Islam di seluruh dunia. Malam diturunkannya Alquran ini adalah malam terbaik dari malam-malam lainnya.

Ketika orang berdoa saat malam Lallatul Qadar, maka tidak alasan bagi Tuhan untuk menolak doa tersebut.

Aisyah RAH bercerita, “Aku bertanya kepada Rasulullah: Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Baginda bersabda: Berdoalah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku).” (HR. Tirmidzi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.