Sukses

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Jumat 16 April 2021 dan Cara Makan yang Baik saat Berbuka

Jadwal buka puasa hari ini Jumat 16 April 2021 berbeda di setiap daerah.

Liputan6.com, Jakarta Jadwal buka puasa hari ini Jumat 16 April 2021 sudah seharusnya kamu sebagai umat muslim ketahui. Dengan mengetahui jadwal berbuka puasa serta jadwal salat wajib dapat membuat puasa Ramadan kamu lebih teratur.

Jadwal buka puasa hari ini Jumat 16 April 2021 berbeda di setiap daerah. Perbedaan pada jadwal buka puasa serta jadwal salat di setiap daerah mengharuskan kamu untuk teliti dalam mencermati waktu berbuka. Jangan sampai puasa kamu menjadi batal atau tidak sah hanya karena berbuka di waktu yang tidak tepat.

Selama waktu berbuka di daerah tempat tinggalmu belum masuk, maka kamu harus mengabaikan tayangan televisi yang mengumumkan waktu berbuka untuk daerah- daerah di kota lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui jadwal berbuka puasa di tempat tinggalmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Kementerian Agama, Jumat (16/4/2021) tentang Jadwal buka puasa hari ini Jumat 16 April 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Jumat 16 April 2021 di Beberapa Kota Besar

Jadwal buka puasa di berbagai kota besar di Indonesia tentunya berbeda-beda. Hal ini berkaitan juga dengan adanya 3 pembagian zona waktu di Indonesia, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

Berikut Jadwal buka puasa hari ini Jumat 16 April 2021 di beberapa kota besar Indonesia:

Jakarta: 17.55 WIB

Bandung: 17.55 WIB

Surabaya: 17.30 WIB

Jogja: 17.39 WIB

Semarang: 17.39 WIB

Banda Aceh: 18.49 WIB

Medan: 18.34 WIB

Padang: 18.24 WIB

Pekanbaru: 18.21 WIB

Palembang: 18.05 WIB

Tanjung Pinang: 18.09 WIB

Pontianak: 17.49 WIB

Banjarmasin: 18.26 WITA

Denpasar: 18.19 WITA

Makassar: 18.05 WITA

Palu: 18.06 WITA

Mataram: 18.16 WITA

Kupang: 17.45 WITA

Ambon: 18.31 WIT

Sorong: 18.21 WIT

Jayapura: 17.42 WIT

3 dari 4 halaman

Doa Buka Puasa Ramadan

Ada dua versi doa puasa ramadan untuk berbuka puasa. Salah satunya mungkin yang sering kamu lantunkan dan sering didengar di televisi saat datangnya waktu berbuka puasa.

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Doa satu ini yang telah umum didengarkan dan diajarkan kepada kamu di sekolah. Selain itu, kamu juga akan sering mendengarnya di televisi maupun di radio di waktu berbuka puasa. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak menghafalkan doa puasa ramadan satu ini. Ketika sudah masuk waktu berbuka puasa yang bertepatan dengan azan maghrib, kamu harus mengucapkan Alhamdulillah dan membaca doa berbuka puasa sebelum menyantap makanan maupun minuman yang tersedia. Walaupun kamu berada di tempat yang berbeda, dan memiliki waktu yang berbeda pula saat berbuka puasa, doa berbuka puasa tetap sama dan menjadi salah satu doa puasa ramadan yang sangat penting untuk dihafalkan.

Sedangkan doa berbuka puasa yang kedua bersumber dari salah satu hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Artinya: “Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.” (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud)

Kamu tidak harus mengucapkan kedua doa puasa ramadan tersebut saat akan berbuka puasa. Kamu hanya perlu melafadzkan salah satunya dan bisa langsung makan setelah itu. Tapi ingat, jangan makan terlalu berlebihan.

4 dari 4 halaman

Cara Makan yang Baik saat Berbuka Puasa

1. Segera Berbuka

Saat waktu buka puasa telah tiba, kamu dianjurkan untuk langsung membatalkan puasa, atau segera berbuka. Mengawali buka puasa, sebaiknya kamu minum air putih terlebih dahulu untuk mencegah dehidrasi dan memberikan pasokan cairan bagi tubuh yang telah berpuasa seharian.

2. Makan Kurma

Selanjutnya kamu bisa mengonsumsi kurma di awal waktu berbuka setelah minum air putih, sebagai cara makan yang baik ketika buka puasa. Sebagai sumber gula alami dan mengandung gizi yang baik untuk tubuh, kurma dapat memenuhi kebutuhan energi saat berbuka. Dengan mengonsumsi 3 kurma di awal waktu berbuka puasa, kamu bisa mengatasi masalah gula darah rendah. Makan kurma dianjurkan dalam jumlah yang ganjil.

3. Pilih Takjil yang Tepat dan Sehat

Memilih takjil yang tepat dan menyehatkan juga merupakan cara makan yang baik ketika buka puasa. Sebaiknya kamu memilih takjil seperti jus atau sari buah yang menyehatkan. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi sop buah dan salad buah segar yang tidak menggunakan pemanis buatan. Usahakan takjil menggunakan pemanis alami sepeti madu.

4. Konsumsi Karbohidrat yang Baik dan Sayuran

Makanan berbuka tentunya harus mengandung karbohidrat baik untuk mengisi kembali energi selama berpuasa. dengan sumber karbohidrat komplek seperti gandum, kentang dan beras merah, maka sumber energi lebih stabil dan mendapatkan efek secara berkelanjutan.

Sayur juga sangat penting untuk menjaga kesehatan sebagai cara makan yang baik ketika buka puasa. Sayuran selain kaya akan vitamin, mineral serta serat, juga memiliki banyak nutrisi dan memberikan rasa kenyang juga. Selain itu sayuran juga mengandung sedikit kalori.

5. Makanan Mengandung Protein

Protein tanpa lemak harus menjadi pilihan pertama untuk berbuka puasa. Makanan yang mengandung protein dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun massa otot dan mempertahankannya.

Daging sapi, ikan, ayam, serta telur dapat menjadi pilihan kamu sebagai sumber protein yang baik. Selain itu bila kamu tidak terbiasa mengonsumsi daging, kamu bisa memilih protein nabati seperti kacang kacangan. Protein yang baik akan mudah dicerna tubuh dan mengandung asam amino esensial yang baik bagi tubuh.

6. Jangan Makan Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak, garam dan gula merupakan bahan yang tidak sehat untuk berbuka puasa. Usahakan mengolah makanan untuk berbuka puasa dengan memanggang, merebus, atau mengukus untuk menjaga kesehatan.

Kamu bisa menggunakan racikan rempah rempah dan bumbu alami sebagai tambahan rasa makanan pengganti garam. Selain itu, gula bisa diganti dengan pemanis alami seperti sari buah.

7. Jangan Berlebihan dan Jangan Terburu-buru Saat Makan

Makan berlebihan dan terburu-buru saat berbuka puasa akan menyebabkan masalah pada sistem pencernaan karena kamu telah berpuasa selama satu hari penuh. Jadi cara makan yang baik ketika buka puasa salah satunya adalah kamu harus makan sesuai porsi yang dibutuhkan.

Selain itu, kamu juga tidak boleh terburu buru menghabiskan makanan, makanlah dengan tenang dan perlahan-lahan agar sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik. Jangan sampai kalap dan makan begitu banyak sampai kamu kekenyangan karena sebelumnya merasa lapar, kamu akan menyesal dengan dampak yang akan datang setelahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini