Sukses

Quraish Shihab: Sifat-Sifat yang Dimiliki Allah SWT Hanya Dapat Diketahui Melalui Firman-Nya

Secara umum lanjut Quraish Shihab, ada dua sifat yang dimiliki Allah. Yaitu sifat tsubutiyah dan sifat yang tidak dapat dipahami.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak sifat yang dimiliki oleh Allah SWT. Cendikiawan muslim Quraish Shihab menjelaskan sifat-sifat apa saja yang dimiliki Allah SWT.

Menurutnya, bagi para ulama, Allah memiliki sifat-sifat yang sempurna.

"Karena itu para ulama menyatakan bahwa nama-nama dan sifat-sifat Allah hanya dapat diketahui melalui firmannya," ungkap Quraish Shihab.

Secara umum, sifat-sifat yang dimiliki Allah SWT tercermin dari apa yang dinamai Asmaul Husna atau nama-nama Allah yang indah.

"Ada 99 Asmaul Husna yang populer. Tetapi dari hasil penelitian yang dilakukan para ulama, jumlahnya jauh dari pada itu," jelas Quraish Shihab.

Namun, secara umum lanjut Quraish, ada dua sifat yang dimiliki Allah. Yaitu sifat tsubutiyah dan sifat yang tidak dapat dipahami, kecuali dengan menggunakan kata yang mengandung makna negasi.

Contoh Allah Al-Awal. Menurut Quraish Shihab makna kata itu akan lebih jelas jika disebut Dia awal, tetapi tidak berpemulaan.

Contoh berikutnya: Allah Maha Mengetahui. Pengetahuan Allah berbeda dengan pengetahuan manusia. Manusia memiliki pengetahuan yang terbatas, dapat dilupakan, dan dapat dibatalkan karena mengetahui sesuatu yang baru.

"Sebaliknya Allah, pengetahuannya tidak terbatas, amat jelas dan tidak dapat dibatalkan," kata Pendiri Pusat Studi Alquran ini. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.