Sukses

8 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan, Sebagai Penggugur Dosa dan Beramal Baik

Beberapa keutamaan sedekah sebagai penggugur dosa bagi umat muslim

Liputan6.com, Jakarta Ramadan merupakan suatu momen yang hanya datang satu tahun sekali. Di bulan suci ini, nilai ibadah menjadi seribu kali lipat dibandingkan dengan 11 bulan lainnya. Dikatakan demikian karena bulan Ramadan memiliki banyak keutamaan yang tidak dimiliki oleh bulan lainnya.

Allah Swt menyediakan berbagai keutamaan ini kepada orang-orang yang memperbanyak ibadah di bulan Ramadan. Inilah rahmat dan nikmat Allah swt yang diberikan kepada hamba-hamba-Nya yang memanfaatkan momen ini dengan memperbanyak ibadah. Maka bersyukurlah kepada Allah dengan dipertemukan dengan bulan Ramadan.

Selain melakukan ibadah salat tarawih, memperbanyak membaca Al-Quran, dan amalan sunnah lainnya. Umat islam pada umumnya berlomba-lomba untuk beramal dan bersedekah kepada sesama di bulan Ramadan.

"Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan." (HR At-Turmudzi dari Anas).

Bersedekah, juga merupakan satu sikap kedermawanan yang sekaligus menjadi sifat yang disukai Allah SWT.

"Sesungguhnya Allah SWT itu Maha memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk." (HR. Al Baihaqi). Oleh karena itu, dianjurkan untuk bersedekah walaupun jumlahnya sedikit.

Lantas, apa saja keutamaan bersedakah di bulan Ramadan? Berikut telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (15/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Sedekah dapat menjadi Penggugur Dosa

Diampuninya dosa dengan sebab sedekah di sini tentu saja harus disertai taubat atas dosa yang dilakukan. Tidak sebagaimana yang dilakukan sebagian orang yang sengaja bermaksiat, seperti korupsi, memakan riba, mencuri, berbuat curang, mengambil harta anak yatim, dan sebelum melakukan hal-hal ini ia sudah merencanakan untuk bersedekah setelahnya agar ‘impas’ tidak ada dosa. Yang demikian ini tidak dibenarkan karena termasuk dalam merasa aman dari makar Allah, yang merupakan dosa besar.

3 dari 9 halaman

2. Dibebaskan dari Siksa Kubur

Bagi setiap Muslim yang memberikan sedekah, dapat dibebaskan dari siksa kubur. Rasulullah Nabi Muhammad SAW bersabda: "Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur." (HR. Thabrani).

4 dari 9 halaman

3. Dijauhkan dari Api Neraka

Banyak atau sedikitnya dalam kita bersedekah, ternyata berpengaruh dalam menjauhkan diri kita dari api neraka. Semakin banyak sedekah, semakin jauh kita darinya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah." (HR. Al Bukhari dan Muslim).

5 dari 9 halaman

4. Merasakan Dada Lapang dan Bahagia

Orang yang bersedekah akan mendapatkan kelapangan dada dan hati yang bahagia. Hal ini diumpamakan oleh Rasulullah SAW sebagai berikut: "Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa." (HR. Bukhari).

6 dari 9 halaman

5. Orang yang Bersedekah akan Mendapatkan Nauangan di Hari Akhir

Rasulullah SAW menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan di suatu, hari yang ketika itu tidak ada naungan lain selain dari Allah, yaitu hari akhir. Salah satu jenis manusia yang mendapatkannya adalah, “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 1421)

7 dari 9 halaman

6. Pahalanya akan Dilipatgandakan

Kemudian, orang yang bersedekah juga akan mendapatkan keutamaan lain. Keutamaan tersebut yakni Allah SWT akan melipatgandakan pahala orang yang bersedekah tersebut. Allah SWT berfirman: "Sesungguhnya orang-orang yang menafkahkan sebagian harta mereka, baik laki-laki maupun perempuan, dengan sukarela tanpa disertai dengan mengungkit-ungkit pemberiannya dan tidak menyakiti perasaan orang yang menerima, maka pahala amal perbuatan mereka dilipat gandakan; kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya hingga tujuh ratus kali lipat, hingga berlipat-lipat, dan di samping itu mereka mendapatkan pahala yang baik di sisi Allah, yaitu Surga." (QS. al-Hadid ayat 18).

8 dari 9 halaman

7. Pahala Sedekah Terus Berkembang

Pahala sedekah walaupun hanya sedikit itu akan terus berkembang pahalanya hingga menjadi besar. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya. Lalu Allah mengembangkan pahalanya untuk salah seorang dari kalian, sebagaimana kalian mengembangkan seekor anak kuda. Sampai-sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung Uhud.” (HR. At Tirmidzi 662, ia berkata: “hasan shahih”)

9 dari 9 halaman

8. Sedekah Menjauhkan Diri dari Api Neraka

Sesungguhnya sedekah itu walaupun sedikit, memiliki andil untuk menjauhkan kita dari api neraka. Semakin banyak sedekah, semakin jauh kita darinya. Rasulullah SAW bersabda, “Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah.” (HR. Al Bukhari 6539, Muslim 1016).

Itulah 8 keutamaan sedekah saat bulan Ramadan yang bisa Anda dapatkan baik di dunia maupun akhirat. Supaya menjadi penggugur dosa, bersedekahlah dengan ikhlas dan niatan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini