Sukses

Quraish Shihab: Bila Mendengar Berita Buruk Menyangkut Diri, Jangan Bersedih tapi Renungkanlah

Quraish Shihab mengatakan, bila ada ucapan seseorang yang dikenal baik, maka upayakan memahaminya dalam arti sebaik mungkin.

Liputan6.com, Jakarta Mengambil perkataan seorang bijak, cendikiawan muslim Quraish Shihab mengatakan, bila ada ucapan seseorang yang dikenal baik, maka upayakan memahaminya dalam arti sebaik mungkin.

"Kalau Anda tak menemukan maknanya, maka kecamlah diri Anda karena tak mampu menemukannnya," ucap Quraish Shihab.

Lalu orang bijak ini kembali berkata, "Apabila mendengar berita buruk menyangkut diri kita, maka jangan bersedih atau marah, tetapi renungkanlah."

"Jika benar, maka itu adalah sanksi yang diperpecat jatuhnya kepada kita. Jika tidak benar, maka itu simpanan ganjaran yang akan kita peroleh tanpa usaha," tutur Quraish Shihab.

"Namun demikian, jadikanlah alasan pembenaran atas kesalahan orang lain. Begitulah sikap siapa yang bersih hatinya," jelasnya. 

Sedangkan yang bejat hatinya adalah mereka yang berusaha mencari kesalahan atas kebenaran orang lain. Demikian kata Qurasih Shihab menutup renungannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.