Sukses

4 Amalan Pendatang Rezeki Saat Ramadhan

Permohonan tersebut dapat dilakukan dengan amalan yang dianjurkan untuk dilakukan terutama saat bulan suci Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki bulan suci Ramadhan, Allah SWT akan melimpahkan rezeki kepada hamba-hamba yang memohon kepada-Nya.

Rezeki tersebut tak hanya berbentuk harta benda, namun dapat berupa kesehatan, keselamatan, jodoh, dan lain sebagainya.

Selain dengan berusaha, untuk mendapatkan rezeki, hendaknya umat muslim juga berdoa memohon kepada Allah SWT. Permohonan tersebut dapat dilakukan dengan amalan yang dianjurkan untuk dilakukan terutama saat bulan suci Ramadhan.

Dilansir dari Dream.co.id, berikut ini empat amalan yang dianjurkan untuk dilakukan dalam memohon rezeki saat bulan Ramadhan:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Bersedekah

Amalan pertama yang ternyata bisa menjadi sumber datangnya rezeki ketika bulan Ramadhan adalah dengan bersedekah. Sedekah diartikan sebagai pemberian yang kita miliki kepada orang lain.

Ketika seseorang bersedekah kepada orang lain, maka Allah SWT menjanjikan ganti yang sangat luar biasa. Allah berfirman:

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir. Pada tiap-tiap bulir berisi seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui." (Al-Baqarah: 261)

 

3 dari 5 halaman

2. Perbanyak Bersyukur

Amalan kedua yang mendatangkan rezeki di bulan suci yaitu memperbanyak syukur kepada Allah SWT.

Bersyukur menjadi suatu hal yang harus selalu kita lakukan, sebab dengan syukur tersebut maka Allah akan memberikan kenikmatan yang lebih dari pada apa yang diperoleh.

Berbanding terbalik dengan orang yang tidak bersyukur, maka mereka akan mendapatkan azab yang sangat pedih. Allah berfirman:

"(Ingatlah) ketika Rabbmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kalian bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat." QS. Ibrahim: 7.

 

4 dari 5 halaman

3. Membaca Surat Al-Waqiah

Pada saat bulan suci Ramadhan, banyak orang yang menyempatkan untuk membaca AlQuran. Selain bernilai pahala, ternyata ada sebuah surat dalam AlQuran yang dikenal dengan surat pendatang kekayaan. 

Surat dimaksud adalah surat Al-Waqiah yang di dalamnya berisi kandungan mengenai iman dan tauhid.

Selain itu juga ada bukti kekuasaan Allah SWT serta adanya hari kebangkitan saat hari kiamat kelak. Rasulullah SAW bersabda:

"Ajarkanlah Surat Al Waqiah kepada isteri-isterimu. Kerana sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan." (Hadis riwayat Ibnu Ady)

 

5 dari 5 halaman

4. Perbanyak Istighfar

Amalan terakhir yang dapat mendatangkan rezeki di bulan Ramadhan adalah dengan memperbanyak istighfar.

Seperti yang kita ketahui bahwa istighfar merupakan dzikir yang dianjurkan untuk dilakukan kaum muslim. Maknanya adalah untuk memohon ampun atas segala dosa yang pernah diperbuat.

Istigfar juga menjadi salah satu amalan penjemput rezeki. Terkadang dosa-dosa yg kita lakukan akan menutup pintu rezeki dalam diri. Sehingga meski sudah berusaha semaksimal mungkin, namun tetap saja rezeki yang diinginkan tidak kunjung didapatkan.

 

Dinda Permata (Magang)

 

Sumber: Dream.co.id 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.