Smartfren Antisipasi Kenaikan Trafik Data Selama Ramadan 2021

Oleh Iskandar pada 13 Apr 2021, 05:30 WIB
Diperbarui 13 Apr 2021, 05:30 WIB
Smartfren Tingkatkan Kapasitas di Paruh Kedua 2020
Perbesar
Teknisi melakukan pengecekan perangkat BTS di Smartfren BSD, Tangsel, Rabu (4/11/2020). Smartfren terus melakukan pemeliharaan serta optimasi guna memastikan kualitas jaringan yang diperoleh pelanggan seiring dengan kebijakan pemerintah untuk bekerja dan sekolah dari rumah. (Liputan6.com/Pool)

Liputan6.com, Jakarta - Smartfren mengaku siap mengantisipasi kenaikan trafik data sepanjang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2021.

Antisipasi ini dilakukan dengan cara melakukan penguatan trafik dan optimalisasi jaringan yang fokus di seluruh wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Menurut VP Network Operation Smartfren Agus Rohmat, secara data dari tahun ke tahun, Maret 2020 ke April 2021, Smartfren mencatat kenaikan trafik data sebesar 24,5 persen di Jabodetabek.

"Tahun ini kemungkinan besar bisa lebih tinggi karena masih berlanjutnya pandemi, dimana pergerakan warga masih dibatasinya dengan ada PPKM. Jadi larangan mudik yang sudah dikeluarkan pemerintah, distribusi trafik tidak akan jauh berbeda dari tahun sebelumnya," tutur Agus dalam keterangannya. 

Seiring bertumbuhnya trafik data dan jumlah pengguna di Jabotabek, Smartfren meningkatkan kapasitas dan jangkauan hingga 25 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan ini sendiri sudah dilakukan sejak terjadinya pandemi untuk mengantisipasi kenaikan trafik data di kawasan perumahan. Smartfren pun mengatakan optimalisasi jaringan dilakukan secara masif.

2 dari 2 halaman

Bentuk Satgas Jaringan 24 Jam

Tidak hanya itu, tim jaringan Smartfren juga membentuk Satgas Jaringan 24 jam selama Ramadan dan Idul Fitri kali ini.

Ada pula 58 mobile combat dengan dukungan NOC yang beroperasi 7x24 jam dan dukungan layanan pelanggan yang bersiaga 7x24 jam.

"Antisipasi ini yang kini sedang disiapkan Smartfren untuk memberikan layanan data optimal bagi pelanggannya selama bulan puasa nanti," tutur Agus melanjutkan.

Selain jaringan, Smartfren juga menghadirkan Extra Unlimited Malam Full Speed. Sesuai namanya, manfaat ini memberikan akses internet tanpa batas yang otomatis aktif setiap hari pukul 01.00 sampai 05.00.

Dengan layanan yang ditawarkan, pengguna dapat memanfaatkan Extra Unlimited Malam Full Speed selama sahur. Manfaat ini dapat digunakan seluruh pengguna paket Smartfren Unlimited dan Kuota Nonstop.

Lanjutkan Membaca ↓