Pallu Butung, Dessert Asal Makassar untuk Buka Puasa

Oleh Komarudin Komar pada 12 Apr 2021, 09:20 WIB
Diperbarui 12 Apr 2021, 09:20 WIB
Pallu butung
Perbesar
Pallu butung, dessert asal Makassar, Sulawesi Selatan, yang disukai banyak orang untuk buka puasa (dok.instagram/@tanti.kitchen/https://www.instagram.com/tanti.kitchen/?hl=id/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia tak hanya terdiri dari beragam provinsi dan suku, tapi juga memiliki beragam kuliner. Pernah dengar nama pallu butung?

Itu nama salah satu dessert tradisional dari Makassar, Sulawesi Selatan yang disukai banyak orang. Hidangan ini terbuat dari bahan dasar pisang, bubur sumsum, susu kental manis, dan sirup.

Rasa manis gurih bersatu dalam gelas yang sangat menyegarkan. Hidangan ini mampu menghilangkan rasa dahaga setelah berpuasa. Berikut cara membuat pallu butung, yang dilansir dari akun @banyuwangikita, Senin (12/4/2021).

Bahan-Bahan:

5 buah pisang kepok tua matang yang sudah dikukus.

Sirup merah cocopandan secukupnya

Es batu secukupnya.

Bahan Fla Sumsum :

500 cc santan kental

60 gram tepung beras 

1 lembar daun pandan

50 gr gula pasir 

1/2 sdt garam

2 dari 4 halaman

Cara Mengolah

Pallu butung
Perbesar
Pallu butung, dessert asal Makassar, Sulawesi Selatan, yang disukai banyak orang untuk buka puasa (dok.instagram/@tantri.kitchen/https://www.instagram.com/p/CNeU8BjsBVt/Komarudin)

Pisang yang sudah dikukus, dinginkan sisihkan.

Masak semua bahan fla sumsum, aduk rata didihkan sampai meletup2 dan mengental, dinginkan suhu ruang, karena kalau masih panas fla bertekstur masih encer.

Penyajian:

Tata dalam wadah, beri fla sumsum secukupnya, taruh beberapa potongan pisang, siram syrup merah secukupnya, beri es batu/es serut. Es pallu butung siap disajikan.

 

3 dari 4 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner
Perbesar
Diplomasi Lewat Jalur Kuliner (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓