Sukses

Facebook Gelar Workshop WhatsApp Business untuk Bantu UMKM Selama Ramadan 2021

Facebook ingin membantu meningkatkan penjualan para pelaku UMKM di pasar dengan berbekal layanan WhatsApp Business selama Ramadan 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang menyambut Ramadan 2021 yang akan hadir dalam hitungan hari saja, Facebook mengumumkan kampanye bertajuk Bulan Kebaikan.

Adapun kampanye ini hadir dalam tiga kegiatan, seperti jelajahi kebaikan, inspirasi kebaikan, dan ekspresikan kebaikan.

Salah satu bentuk inisiatif dari kegiatan inspirasi kebaikan yang diadakan Facebook diberi nama Pasar JuWAra, yang ditujukan untuk membantu meningkatkan penjualan para pelaku UMKM di pasar dengan bekal layanan WhatsApp.

Menurut Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia, Esther Samboh, inisiatif ini hadir karena ada keterbatasan yang dirasakan masyarakat selama pandemi, baik pegadang maupun konsumen.

"Banyak pedagang pasar kehilangan pasarnya, sedangkan konsumen banyak melakukan belanja online. Jadi, WhatsApp mencari cara agar masyarakat tetap dapat belanja online dan pedagang pasar tetap bisa mendapatkan konsumen," tuturnya saat konferensi pers baru-baru ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikan Pelatihan untuk Usaha UMKM

Adapun bentuk dukungan yang dihadirkan WhatsApp adalah memberikan pelatihan para pedagang pasar untuk memanfaatkan fitur WhatsApp Business. Dalam inisiatif ini, WhatsApp bermitra dengan UKM Indonesia.

"Jadi, kami ingin memperlihatkan sekarang bisa lho belanja online di pasar dengan memanfaatkan WhatsApp," ujar Esther melanjutkan.

 

3 dari 3 halaman

Target Pelatihan WhatsApp Business

Rencananya, inisiatif ini menargetkan lebih dari 1.000 pedagang pasar di 22 kota di 15 provinsi.

WhatsApp juga menggandeng sejumlah figur publik di tiap wilayah untuk mendukung inisiatif ini, seperti Alyssa Subandono.

Esther menuturkan, inisiatif ini diharapkan dapat membantu pedagang pasar di Indonesia untuk tetap berkembang meski di tengah pandemi.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.