Sukses

Sambil Ngabuburit, Coba Cek 6 Cairan Penting pada Ruang Mesin Mobil

Umat muslim di seluruh dunia sebentar lagi akan menjalankan ibadah puasa. Banyak bermanfaat yang bisa dilakukan untun menunggu waktu berbuka puasa. Salah satunya adalah mengecek kondisi mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Umat muslim di seluruh dunia sebentar lagi akan menjalankan ibadah puasa. Banyak bermanfaat yang bisa dilakukan untun menunggu waktu berbuka puasa. Salah satunya adalah mengecek kondisi mobil.

Agar mobil tetap sehat, pengecekan oli mesin, oli rem, oli power steering, air radiator, air washer dan air aki menjadi hal yang wajib.

Melihat hal itu, Daihatsu memberikan tips muda untuk mengecek fluida di mobil, agar berkendara jadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan:

1. Oli mesin

Hidupkan mesin beberapa saat hingga mencapai temperatur kerja, matikan mesin, tunggu beberapa saat agar oli mengalir kembali ke bagian bawah mesin. Ambil kain lap bersih, tarik dipstick oli mesin bersihkan dengan kain, masukan kembali dipstick sepenuhnya dan tarik, cek volume oli, ada 3 level oli mesin, yakni, Rendah, Normal, Berlebih.

Pastikan oli mesin di posisi normal, apabila rendah tambahkan oli mesin jenis yang sama .

2. Oli Rem

Cari posisi master cylinder rem, di sana terdapat reservoir untuk oli rem, periksa ketinggaian levelnya, apabila antara min dan max maka cukup, apabila posisi di min atau dibawahnya, tambahkan dengan oli rem yang sama sampai mencapai level max.

3. Air Radiator

Periksa ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant dengan tipe yang sama.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Air Wiper

Penggunaan air wiper saat menjalankan wiper sangat penting agar tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas maksimal dari tangki air wiper. Apabila kurang tambahkan dengan air yang bersih.

5. Air Aki

Air aki juga tidak kalah pentingnya, apabila tidak dilakukan pengecekan dan terlambat dalam menambahkan maka aki akan rusak. Pastikan level air aki pada posisi Upper dan Lower, apabila pada posisi Lower maka tambahkan air aki hingga mencapai level Upper.

6.Power Steering (tipe hydraulic)

Hidupkan mesin, setelah mesin pada suhu kerja, buka tutup reservoir kemudian periksa volume oli power steering, pastikan ada di batasan upper dan lower, apabila kurang dari batas bawah tambahkan oli power steering.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jaga dan Tingkatkan Imunitas Tubuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.