Sukses

Mengenal Perbedaan Coating Bodi dengan Paint Protect Film, Sudah Tahu?

Beragam teknik perawatan bodi mobil bisa diterapkan. Beberapa yang umum dikenal adalah poles bodi. Namun seiring perkembangan zaman dan teknologi, teknik perawatan bodi mobil pun berkembang.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam teknik perawatan bodi mobil bisa diterapkan. Beberapa yang umum dikenal adalah poles bodi. Namun seiring perkembangan zaman dan teknologi, teknik perawatan bodi mobil pun berkembang. Kini ada yang namanya coating dan Paint Protect Film (PPF).

Menurut Lianto Winata, Chief Operating Officer PT V-KOOL Indo Lestari, selama ini masih banyak pemahaman yang salah antara coating bodi dan PPF, terutama di kalangan masyarakat umum.

"Banyak yang menggangap coating dan PPF itu hal yang sama, padahal jelas berbeda. Coating itu menggunakan bahan kimia pada bodi, contoh seperti waxing atau nano ceramic. Sementara kalau PPF itu kita benar-benar melapisi bodi dengan plastik yang tebal dan bening, makanya dikenal juga dengan istilah laminating," terang Lianto dalam keterangan resminya, Kamis (8/4/2021).

Disebutkan, PPF berfungsi untuk melindungi cat dari kerusakan fisik dengan lapisan film yang tebal dan transparan. Fungsi lain adalah merawat warna mobil secara permanen. Sementara coating hanyalah untuk perawatan warna sementara saja.

"Lebih mudah diartikan coating itu bukan paint protection tapi color protection, karena fungsinya menjaga warna mobil tetap cerah namun hanya sementara saja. Jadi saat tersengol benda atau ketika mencuci mobil kemungkinan bodi mengalami baret tetap ada,"

"Sedangkan laminating PPF ini karena dibungkus dengan film, maka bodi terlindungi dari baret halus dan warna mobil juga tetap cerah, makanya PPF itu fungisnya melindungi dan menjaga keorisinilan warna mobil," jelas Lianto.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

V-Kool PPF

Sebagai contoh PPF lansiran V-Kool yang terbuat dari material thermoplastic urethane (TPU). PPF ini mampu melindungi cat kendaraan dari goresan benda tajam, baik tipis maupun dalam. Goresan kerikil, pemudaran warna oleh paparan sinar ultraviolet, jamur, hingga abrasi pun bisa diatasi.

"V-KOOL PPF juga mudah dalam hal perawatan. Bahkan V-KOOL PPF memiliki sifat 'self healing' yang bisa menghilangkan baret halus dengan sendirinya tanpa perawatan khusus hanya mengandalkan panas sinar matahari," klaim Lianto.

Produk ini memiliki ketebalan 8 mil (0.2032 mm) dan dirancang untuk melindungi cat kendaraan dari kerusakan karena zat korosif. Selain itu, perlindungan sempurna terhadap sinar ultraviolet, panas matahari, dan air membuat warna tidak cepat pudar.

Kejernihan PPF juga mampu semakin memperkuat warna asli kendaraan dan membuatnya berkilau, bahkan kendaraan akan terlihat alami seakan-akan tidak dipasang apa-apa namun wet-look seperti sesudah baru di coating setiap harinya.

Selain itu, daya tahan V-KOOL PPF pun lebih lama dibandingkan dengan coating kimia dengan garansi selama 10 tahun.

3 dari 3 halaman

Infografis Kunci Hadapi Covid-19 dengan Iman, Aman dan Imun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.