Sukses

Cara Mengkhatamkan Al-Qur'an 30 Hari, Persiapkan dengan Matang

Cara mengkhatamkan Al-Qur'an 30 hari di mulai dengan niat dan tekad kuat untuk konsisten.

Liputan6.com, Jakarta Paham cara mengkhatamkan Al-Qur’an 30 hari akan sangat berguna di bulan suci Ramadan. Momen membaca Al-Qur’an menjadi lebih menyenangkan dan menciptakan keberkahan melimpah.

Bulan Ramadan adalah bulan di mana seluruh amal baik mendapat pahala yang dilipatgandakan, salah satunya membaca Al-Qur’an. Cara mengkhatamkan Al-Qur’an 30 hari, wajib di mulai dengan niat dan tekad kuat untuk selalu konsisten.

Penyelesaikan dari cara mengkhatamkan Al-Qur’an 30 hari, dilakukan dengan target satu hari 1 juz dan setiap salat wajib membaca 4-5 lembar halaman. Agar selalu memacu semangat, lakukan dengan tadarus, memahami tafsirnya, dan unduh aplikasi Al-Qur’an online atau bisa juga membaca Al-Qu'ran digital di tautan ini

Aplikasi Al-Qur’an akan membuat targetmu mudah tercapai karena membaca serta memahami tafsir bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Berikut Liputan6.com ulas cara mengkhatamkan Al-Qur’an 30 hari dari berbagai sumber, Rabu (7/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Mengkhatamkan Al-Qur’an 30 Hari dari Niat

Membangun niat yang kuat merupakan cara mengkhatamkan Al-Qur’an 30 hari yang efektif. Terutama untuk memacu membaca Al-Qur’an dan menyelesaikannya sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Rasulullah mengajarkan umatnya melalui kata-kata dan tindakan tentang pentingnya memiliki niat atau tujuan. Tak heran bila modal awal dari cara mengkhatamkan Al-Qur’an 30 hari harus dari niatnya dulu.

Niatkan khatam Al-Qur’an hanya untuk mencapai rida Allah SWT semata. Tanamkan keyakinan dalam diri bahwa menyelesaikannya dalam 30 hari selama bulan Ramadan bisa dilakukan.

3 dari 7 halaman

Cara Mengkhatamkan Al-Qur’an 30 Hari dengan Target 1 Juz

Bila sudah ditanamkan niat kuat dalam diri, cara mengkhatamkan Al-Qur’an 30 hari mulai tentukan target. Untuk target yang direkomendasikan adalah menyelesaikan 1 juz dalam satu hari.

Jika memiliki banyak waktu luang, coba membaca ayat Al-Qur’an lebih dari 1 juz setiap harinya agar lebih ringan di akhir Ramadan. Membaca ayat suci Al-Qur’an sebanyak 1 juz ini dilakukan di tiap kesempatan, seperti usai salat wajib atau sunah.

Al-Qur’an kebanyakan memiliki kurang lebih 600 halaman. Bila membaginya dengan 30 hari untuk cara mengkhatamkan Al-Qur’an 30 hari, maka kamu perlu membaca Al-Qur’an sebanyak 20 halaman setiap harinya.

Kemudian bagi 20 halaman itu dengan 5, yaitu lima waktu sholat. Sehingga setiap selesai salat kamu perlu membaca Al-Qur’an cukup 4 halaman saja. Mudah sekali bukan? Hanya butuh ketelatenan dan kesungguhan.

4 dari 7 halaman

Cara Mengkhatamkan Al-Qur’an 30 Hari dengan Tadarus

Cara mengkhatamkan Al-Qur’an 30 hari yang ketiga adalah tadarus. Cari teman-teman atau saudara yang punya keinginan yang sama, yakni khatam Al-Qur'an di bulan Ramadan. Mereka akan menjadi teman tadarus bersamamu.

Melibatkan teman dalam cara mengkhatamkan Al-Qur’an 30 hari, akan mempercepat langkahnya dan bikin semangat. Minta mereka untuk mengingatkan janji dan tujuan khatam Al-Qur’an. Jika perlu, buat sebuah kompetisi membaca Al-Qur’an kecil-kecilan.

Cara mengkhatamkan Al-Qur’an 30 hari ini akan memotivasi dan menginspirasimu untuk semakin semangat menyelesaikan bacaan Al-Qur’an. Pastikan untuk tetap pada tujuan awal mengkhatamkan Al-Qur’an, yaitu hanya semata karena Allah SWT.

Jika kamu sendiri dan tidak dapat tadarus bersama keluarga atau teman, kamu bisa mencari grup pembaca Al-Qur’an secara online. Grup ini bisa ditemukan di media sosial atau jejaring lainnya. Di grup ini kamu bisa berdiskusi dan saling mengingatkan untuk terus membaca Al-Qur’an.

5 dari 7 halaman

Cara Mengkhatamkan Al-Qur’an 30 Hari dengan Memahami Tafsir

Memahami setiap tafsir ayat suci Al-Qur’an yang dibaca merupakan salah satu cara mengkhatamkan Al-Qur’an 30 hari. Tafsir akan membuatmu semakin tertarik membaca sampai akhir dengan saksama.

Dalam tafsir tersebut, proses dari cara mengkhatamkan Al-Qur’an 30 hari akan memberikan hikmah tersendiri. Pembaca akan memiliki pengetahuan dasar tentang tema, topik, pesan dan makna dari yang dibaca.

Cobalah cara mengkhatamkan Al-Qur’an 30 hari dengan membaca terjemahan tiap ayatnya. Membaca terjemahan Al-Qur’an akan membantu memperkuat ilmu keislamanmu. Niscaya rasa cinta kepada Allah SWT dan Al-Qur’an akan semakin tumbuh.

6 dari 7 halaman

Cara Mengkhatamkan Al-Qur’an 30 Hari dengan Manfaatkan Aplikasi

Mengunduh aplikasi Al-Qur’an di ponsel atau smartphone perlu dicoba. Cara mengkhatamkan Al-Qur’an 30 hari ini terbilang sangat praktis dan memudahkanmu membaca Al-Qur’an di mana-mana.

Terutama ketika sedang berada di luar rumah atau sedang dalam perjalanan. Hal ini akan membuat kekhawatiran kehilangan waktu untuk membaca Al-Qur’an tidak lagi menjadi persoalan.

Satu hal yang perlu dijadikan catatan untuk cara mengkhatamkan Al-Qur’an 30 hari ini. Membaca Al-Qur’an memang bisa kapan saja dan di mana saja. Akan tetapi, selalu perhatikan tempat yang layak untuk membaca ayat suci ini, ya!

7 dari 7 halaman

Cara Mengkhatamkan Al-Qur’an 30 Hari dengan Konsisten

Bila berbagai macam cara mengkhatamkan Al-Qur’an 30 hari sudah dipelajari dan ditanamkan dalam diri, konsistensi perlu dikuatkan lagi. Konsisten melakukannya sedikit demi sedikit akan lebih membantu daripada sekali membaca banyak.

Banyak orang begitu bersemangat membaca Al-Qur’an dan menunaikan ibadah lain di awal puasa Ramadan. Saat tiba di akhir puasa, sedikit orang yang semangatnya semakin berkurang. Nah, di sinilah pentingnya cara mengkhatamkan Al-Qur’an 30 hari dengan konsistensi.

Bila sudah memetakan rencana, maka konsistenlah dengan rencana itu. Ingatkan diri tentang kebesaran bulan Ramadan yang suci dan penuh keberkahan. Jangan sampai waktu satu bulan terbuang sia-sia, hanya mendapat haus dan lapar saja.

Mulailah untuk menghapus kata "Saya Tidak Bisa" dan hilangkan pemikiran negatif lainnya. Sebagai manusia yang beriman, menaruh kepercayaan pada Allah SWT disertai perjuangan tak akan mendatangkan kesia-siaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.