Sukses

Ini 7 Keutamaan Puasa Nan Luar Biasa yang Harus Kita Ketahui

Selama bulan puasa Ramadhan, pahala setiap amal baik yang dikerjakan manusia akan diganjar berlipat ganda oleh Allah.

Liputan6.com, Jakarta - Ibadah puasa Ramadhan yang sebentar lagi dilaksanakan umat muslim juga dipercaya memiliki banyak keutamaan luar biasa.

Selama bulan puasa Ramadhan, pahala setiap amal baik yang dikerjakan manusia akan diganjar berlipat ganda oleh Allah.

Ibadah puasa Ramadhan yang diwajibkan kepada umat muslim ini dilakukan dengan menahan lapar dan dahaga sejak terbit fajar (subuh) hingga terbenam matahari (magrib).

Selain itu, bukan hanya menahan rasa lapar dan dahaga, saat berpuasa juga diwajibkan untuk mengendalikan hawa nafsu (nafsu amarah) dan panca indera ke arah yang positif.

Dengan niat dan menjalankannya dengan benar, ibadah puasa Ramadhan dapat memberikan keutamaan kepada kita, mulai dari membuka jalan bagi kita untuk meraih takwa hingga terkabulnya doa.

Dikenal dengan bulan yang penuh ampunan, hendaknya kita menyambutnya dengan penuh makna. Salah satunya mengetahui keutamaan puasa Ramadhan demi memaksimalkan ibadah.

Berikut 7 keutamaan puasa Ramadhan yang luar biasa dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Jalan Meraih Takwa

Puasa adalah jalan meraih takwa. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah: 183, “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan bagi kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang-orang yang bertakwa.”

 

3 dari 8 halaman

2. Penghalang dari Siksa Neraka

Dengan berpuasa dapat menghindarkan kita dari siksa neraka. Dari Jabir bin ‘Abdillah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari siksa neraka,".

 

4 dari 8 halaman

3. Memberi Syafaat pada Hari Kiamat

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr RA, Rasulullah SAW bersabda,

"Puasa dan Al-Quran itu akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat kelak. Puasa akan berkata, ’Wahai Rabbku, aku telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat. Karenanya, perkenankan aku untuk memberikan syafaat kepadanya.’ Al-Quran pun berkata, ’Aku telah melarangnya dari tidur pada malam hari. Karenanya, perkenankan aku untuk memberi syafaat kepadanya.’ Beliau bersabda, ’Maka syafaat keduanya diperkenankan,’".

 

5 dari 8 halaman

4. Mendapat Pengampunan Dosa

Orang yang berpuasa bisa mendapatkan pengampunan dosa. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

"Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya pada masa lalu akan diampuni,".

 

6 dari 8 halaman

5. Pengekang Syahwat

Dari Ibnu Mas'ud, Rasulullah SAW bersabda,

"Wahai para pemuda, barang siapa yang memiliki baa-ah maka menikahlah, karena itu akan lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barang siapa yang belum mampu maka berpuasalah karena puasa itu bagai obat pengekang baginya,".

 

7 dari 8 halaman

6. Membuka Pintu Surga Ar-Rayyan

Bagi orang yang berpuasa, ada pintu surga Ar-Rayyan. Dari Sahl bin Sa’ad dari Rasulullah SAW bersabda,

"Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut Ar-Rayyan. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Orang yang berpuasa akan diseru, ‘Mana orang yang berpuasa?’ Lantas mereka pun berdiri; selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, pintu itu akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya,".

 

8 dari 8 halaman

7. Memiliki Waktu Mustajab (Terkabulnya Doa)

Saat berpuasa, perbanyaklah berdoa. Orang yang berpuasa memiliki waktu mustajab (terkabulnya doa). Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

"Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi,".

 

(Dinda Permata)

 

Reporter : Endah Wijayanti

Sumber : Fimela

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.