Sukses

Waspada Maling Beraksi Selama Ramadan, Ini Tips Mencegah Motor Kebobolan

Maling motor memang selalu meresahkan dan tak bisa diprediksi kapan beraksi. Sepeda motor canggih saja masih bisa dibobol.

Liputan6.com, Jakarta - Maling motor  memang selalu meresahkan dan tak bisa diprediksi kapan beraksi. Sepeda motor canggih saja masih bisa dibobol.

"Semua tingkat keamanan motor pastinya punya peluang ditembus. Tetap disarankan menggunakan kunci ganda di area lain misal kunci disc, alarm dan sebagainya," kata Instruktur TSF PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Mukti.

Menurut Mukti, kendati sepeda motor terbaru telah dilengkapi tutup magnet lubang kunci, hal ini tidak membuat pelaku kejahatan kesulitan mencuri motor. Dalam beberapa kasus maling motor hanya butuh beberapa detik untuk membawa kabur motor korbannya.

Untuk memperlambat upaya pencurian motor, Mukti menyarankan merubah posisi setang ketika parkir, dari biasanya ke sebelah kiri kini dibalik ke kanan. "Ketika parkir membalikan setang motor kearah kanan bisa menambah waktu pencurian namun tetap dapat diakali oleh pencuri," jelasnya.

Begitu juga dengan sistem penguncian keyless atau motor tidak memiliki lubang kunci starter, tidak menjamin 100 persen aman dari curanmor. Pencurian bisa dilakukan dengan cara memalsukan sinyal sistem.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nomor PIN

Jadi tetap waspada ketika meminjamkan motor. Usahakan peminjam tidak mengetahui nomor pin (barcode) bawaan untuk menekan kemungkinan pencurian dengan menggunakan operasional darurat.

"Jalan terbaik demi menagamankan sepeda motor, perlu ketelitian dan rasa waspada pemilik kendaraan," tambah Mukti.

Selain itu perhatikan kondisi keamanan lingkungan ketika meninggalkan motor dalam jangka waktu cukup lama. Sebaiknya tetap menambahhkan beragam kunci pengaman seperti kunci disc, kunci handle rem, bahkan gembok yang dapat diaplikasikan di gear bagi sepeda motor yang menggunakan rantai.

"Tidak mengenal waktu, kondisi dan tempat, musibah kehilangan sepeda motor bisa terjadi kapan pun pada siapapun. Kewaspadaan terhadap keamanan pemilik adalah 'kunci' yang terbaik ketika meninggalkan sepeda motor di suatu lokasi dan dalam jangka waktu yang lama," imbuhnya.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis 9 Tips Lansia Tetap Sehat Bebas Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.