Sukses

Ngabuburit di Rumah, Ini 5 Hal Bermanfaat yang Bisa Anda Dilakukan

Berikut berbagai hal bermanfaat yang bisa Anda lakukan saat ngabuburit di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Ngabuburit menjadi waktu yang ditunggu-tunggu ketika berpuasa di bulan Ramadan. Saat ngabuburit biasanya individu melakukan berbagai hal.

Bulan Ramadan di tahun-tahun sebelumnya biasanya waktu ngabuburit banyak dimanfaatkan orang untuk mencari camilan atau takjil untuk berbuka puasa.

Namun, tahun ini umat muslim harus menjalani Ramadan di tengah pandemi Covid-19. Hal ini membuat kegiatan ngabuburit tak bisa dilakukan seperti sedia kala.

Tapi nyatanya tak hanya berburu takjil di luar rumah, ada berbagai macam kegiatan seru lain yang bisa dilakukan di rumah saat menunggu waktu berbuka atau ngabuburit.

Berikut berbagai hal bermanfaat yang bisa Anda lakukan saat ngabuburit di rumah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Baca Al Quran

Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk kita memperbanyak ibadah. Pasalnya pahala yang di bulan suci Ramadan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Salah satu hal bermanfaat yang bisa Anda lakukan di rumah saat menunggu waktu berbuka puasa adalah membaca Al quran. Membaca Al quran dengan rutin di bulan Ramadan juga dapat membantu Anda cepat khatam.

3 dari 6 halaman

2. Mendengarkan Ceramah

Hal bermanfaat lain yang bisa dilakukan saat ngabuburit di rumah yakni mendengarkan ceramah atau kajian. Anda dapat memutar kajian secara online. Tak hanya menambah pahala, mendengarkan kajian juga membantu kita menenangkan hati dan pikiran.

4 dari 6 halaman

3. Membaca Buku

Anda mencari kegiatan yang bermanfaat lain saat ngabuburit? Cobalah untuk membaca buku. Anda dapat membaca buku apapun yang Anda suka mulai dari novel, cerpen, komik, hingga membaca segala berita di sosial media maupun media online.

5 dari 6 halaman

4. Menonton

Menonton film merupakan kegiatan ngabuburit yang seru dan mengasyikkan. Kalian bisa melakukannya di rumah bersama keluarga sambil menungu waktu berbuka.

6 dari 6 halaman

5. Memasak

Kalian juga bisa mengisi waktu ngabuburit dengan memasak menu berbuka. Kalian juga bisa mengasah kemampuan memasak dengan mencoba resep-resep baru.

Terlebih lagi saat ini ada begitu banyak tutorial resep memasak mudah di media sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.