Sukses

Vaksinasi COVID-19 Tetap Berlangsung di Bulan Ramadan, Perlu Persiapan Khusus?

Mengacu pada fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi COVID-19, Kemenkes tetap menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 selama Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI tetap mengadakan vaksinasi COVID-19 selama bulan Ramadan. Hal ini dilakukan mengacu pada fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi COVID-19. Dalam fatwa tersebut disebut bahwa umat Islam yang divaksin tidak membatalkan puasa.

“Fatwa tersebut direkomendasikan MUI agar pemerintah dapat melakukan vaksinasi di bulan Ramadan demi mencegah penularan COVID-19,” kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi pada konferensi pers secara virtual pada Minggu (4/4/2021).

Nadia juga menyampaikan bahwa vaksinasi COVID-19 yang dilakukan di bulan Ramadan bakal memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang menjalankan puasa.

Lalu, proses vaksinasi bisa dilakukan di siang hari pada saat umat muslim menjalankan ibadah puasa Ramadan. Pemberian vaksinasi itu tidak membatalkan puasa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlu Persiapan Khusus?

Nadia menyampaikan bahwa tidak perlu ada persiapan khusus bagi yang akan divaksin. Persiapan yang dilakukan diantaranya istirahat cukup dan sahur dengan makan makanan bergizi seimbang.

“Untuk vaksinasi kita tetap lakukan di pagi hari sampai sore, mungkin dapat juga dilakukan malam hari atau bisa juga dilakukan di masjid pada malam hari, asal tidak mengganggu ibadah di bulan Ramadan,” kata Nadia. 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.