Sukses

Keutamaan dan Manfaat Membaca Surah Ar Rahman

Mayoritas ayat dalam surah Ar Rahman menjelaskan tentang nikmat Allah SWT yang diberikan kepada hambanya baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Liputan6.com, Jakarta Surah Ar Rahman adalah surah dalam kitab suci Alquran yang terdiri dari 78 ayat. Surah yang mempunyai arti Yang Maha Pemurah merupakan surah ke-55 dalam kitab suci umat Islam tersebut.

Dalam ayat pertama Surah Ar Rahman, terdapat kata Ar Rahman yang juga merupakan salah satu dari 99 asmaul husna atau nama-nama Allah yang mulia.

Mayoritas ayat dalam surah Ar Rahman menjelaskan tentang nikmat Allah SWT yang diberikan kepada hambanya baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Surah ini terkenal dengan kalimat Fa biayyi alaa’i rabbi kuma tukadziban yang artinya maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?

Kalimat tersebut diulang sebanyak 31 kali dalam surah Ar Rahman. Pertanyaan tentang karunia nikmat tersebut berada pada akhir setiap ayat yang menerangkan karunia Allah kepada makhluknya.

Surah Ar Rahman diturunkan di Kota Mekah, untuk itu maka surah ini termasuk dalam kategori surah makkiyah.

Ada sejumlah manfaat dan keutamaan bagi umat Islam yang membaca Surah Ar Rahman. Di antaranya adalah dengan membaca surah ini seorang hamba akan mendapat rida dari Allah SWT.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Keutamaan Surah Ar Rahman

1. Rasa Syukur

Ayat yang diulang sebanyak 31 dalam surah Ar Rahman mengingatkan kita betapa banyak nikmat Allah yang telah dikaruniakan kepada kita. Untuk itu, surah ini dapat meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah di kala kita merasa kurang mendapat rezeki dan kenikmatan.

2. Mengingat Allah SWT

Ketika kita mulai lupa dengan nikmat dan karunia Allah, terlebih bila lupa dengan kebesaran-Nya, maka dianjurkan untuk senantiasa membaca surah ini.

Dalam kehidupan, terkadang kita sibuk dengan kegiatan yang melenakan. Bahkan melupakan kita terhadap nikmat dan karunia Allah. Maka, menyempatkan baca surah Ar Rahman akan mengingatkan kembali kebesaran Tuhan.

3. Mendapat Rida Allah

Membaca Surah Ar Rahman seolah dapat mengundang rida Tuhan untuk datang kepada kita. Hal itu tertuang dalam sebuah hadis.

Rasulullah bersabda dalam tafsir Ats Tsaqolayn, “Barang siapa membaca surat Ar Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridai nikmat yang dikaruniakan kepadanya.”

4. Mendapat Syafaat

Keutamaan membaca surat Ar Rahman yang berikutnya adalah mendapat syafaat di hari kiamat.

Orang yang selalu membaca surah Ar Rahman, bahkan akan diperlihatkan wajahnya di hari kiamat kelak dengan penampilan yang paling indah dan sempurna.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.