Sukses

Doa Setelah Membaca Surah Yasin Lengkap dengan Artinya

Setelah membaca Surah Yasin, ada baiknya dilengkapi dengan doa Surah Yasin. Doa yang berguna untuk meminta kesempurnaan dari Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta - Surah Yasin punya kedudukan khusus di tengah umat Islam. Surah Al Quran yang terdiri dari 83 ayat ini kerap dibaca pada waktu-waktu tertentu, misalnya dibacakan kepada seseorang yang sedang menghadapi ajal.

Surah Yasin merupakan surah ke-36 dalam Al Quran. Surah ini dimulai dengan dua huruf Arab, yaitu huruf Ya dan huruf Sin. Itu lah mengapa surah ini disebut Ya Sin atau Yasin.

Seperti huruf Alif Lam Mim yang terdapat dalam permulaan Surah Al Baqoroh, dua huruf pertama Surah Yasin juga punya makna. Namun, makna yang terkandung termasuk dalam kategori ayat mutasyabihat atau bermakna samar.

Mutayabihat juga bisa disebut punya makna lain yang butuh diperjelas dengan keterangan dari hadis atau penjelasan ulama.

Selain dibacakan kepada orang yang sedang menghadapi maut atau sakaratul maut, Surah Yasin juga biasa dibaca saat malam Jumat, Tahlilan, pertengahan Sya’ban dan pada momen lainnya.

Setelah membaca Surah Yasin, ada baiknya dilengkapi dengan doa Surah Yasin. Doa yang berguna untuk meminta kesempurnaan dari bacaan surah tersebut, agar mendapat rida dan ampunan dari Allah SWT.

Berikut doa Surah Yasin beserta artinya.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Surah Yasin

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Allahumma innaa nastahfidzhuka wa nastaudi’uka diinana wa anfusanaa wa ahlanaa wa aulaadanaa wa amwaalanaa wa kulla syai’in a’thaitanaa.

Allahummaj’alnaa wa iyyaahum fii kanafika wa amaanika wa jiwaarika wa ‘iyaadzika min kulli syaithaanim mariid wa jabbaarin‘ aniid wa dzii ‘ainin wa dzii baghyin wa min syarri kulli dzii syarrin innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.

Allahumma jammilnaa bil’aafiyati was salaamati wa haqqiqnaa bit taqwaa wal istiqaamati wa a’idznaa min muujibaatin nadaamati innaka samii’ud du’aa’i.

Allahummaghfirlanaa wa li waalidiina wa li aulaadinaa wa li masyaayikhinaa wa li ikhwaaniaa fiddiini wa li ashhaabinaa wa ahbaabinaa wa liman ahabbanaa fiika wa liman ahsana ilainaa wa lil mukminiina wal mukminaati wal musliminiina wal muslimaati ya rabbal ‘aalamiin.

Washalli allahumma ‘alaa abdika warasuulika sayyidinaa wamaulanaa muhammadin wa ‘ala alihi washahbihi wasallam.

Warzuqnaa kamaalal mutaaba’ati lahu dhaahiran wa baathinan fii ‘aafiyatin wa salaamatin birahmatika yaa arhamar raahimiin.

 

3 dari 3 halaman

Artinya

Ya Allah kami memohon penjagaan-Mu dan menitipkan kepada-Mu agama kami, dari kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta benda kami, dan apa saja yang telah engkau berikan kepada kami.

Ya Allah, semoga Engkau menjadikan kami dalam penjagaan, tanggungan, kedekatan dan perlindungan-Mu dari godaan setan yang menggoda, orang yang kejam, zalim dan durhaka, dan dari kejahatan penjahat, sesungguhnya engkau adalah maha kuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah, baguskanlah kami dengan kesehatan dan keselamatan, dan sejatikanlah kami dengan takwa dan istiqamah, jagalah kami dari penyesalan, karena sesungguhnya Engkau maha mendengarkan Doa.

Ya Allah ampunilah kami, kedua orang tua kami, anak-anak kami, guru-guru kami, saudara-saudara kami seagama, sahabat-sahabat kami, kekasih-kekasih kami, orang yang mengasihi kami karena Engkau, dan kepada siapa saja yang berbuat baik kepada kami, orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan dan orang-orang yang beragama Islam laki-laki dan perempuan, wahai Tuhan semesta alam.

Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada hamba dan utusan-Mu, yaitu junjungan kami Nabi Muhammad saw. beserta para keluarga dan sahabatnya.

Dan limpahkan kepada kami kesempurnaan mengikutinya lahir dan batin, dalam keadaan sehat dan selamat dengan rahmat-Mu wahai sebaik-baik Penyayang dari para penyayang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.