5 Manfaat Membaca Surat Yusuf bagi Ibu Hamil, Bisa Menenangkan Hati

Oleh Liputan6.com pada 06 Apr 2021, 14:40 WIB
Diperbarui 06 Apr 2021, 14:40 WIB
Doa Malam Nuzulul Qur’an
Perbesar
Ilustrasi Al-Qur’an Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Dalam Islam, membaca Al-Qur’an mendapatkan pahala yang besar. Beriman kepada kitab-kitab Allah SWT yang mana Al-qur’an juga termasuk dalam Rukun Iman. Maka, membaca Al-Qur’an memang sangat banyak keutamaannya bagi umat muslim.

Ketika seorang wanita sedang hamil, membaca Al-Qur’an juga dianjurkan untuk membuat perkembangan janin lebih baik. Salah satu surat dalam Al-Qur’an yang sebaiknya dibaca yakni Surat Yusuf, meskipun tak ada salahnya juga membaca surat lainnya.

Surat Yusuf dapat membuat janin memiliki paras yang tampan seperti Nabi Yusuf AS, kelak saat lahir. Walaupun sebenarnya tak ada dalil yang menyebutkan kebenaran informasi tersebut.

Surat Yusuf ini merupakan surat ke 12 yang terletak antara Juz 12 ayat 1-52 dan Juz 13 ayat 53-111. Surat ini diturunkan di Kota Mekah dengan jumlah ayat 111.

Pada surat ini menceritakan kisah Nabi Yusuf AS selama hidup dengan berbagai macam rintangan dan cobaan. Surat ini juga mengajarkan bahwa Allah SWT memiliki rencana yang indah dibalik perjuangan yang berat.

Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya membaca Surat Yusuf saat hamil. Berikut ulasannya

 

2 dari 7 halaman

1. Al-Qur’an Mampu Menenangkan Ibu dan Janinnya

Wanita hamil
Perbesar
Wanita hamil (Sumber: Pixabay)

Saat seorang wanita sedang mengandung janin di perutnya, terjadi perubahan hormon yang dapat menyebabkan perubahan pada mood. Membaca atau mendengarkan lantunan Surat Yusuf dapat menenangkan ibu dan janin secara psikologis sehingga dapat meningkatkan mood pada ibu.

Tak hanya untuk ibu, kebahagiaan itu juga dapat tersalurkan pada bayi melalui hormon. Selain itu, surat lainnya juga dapat dibaca juga untuk melengkapinya.

3 dari 7 halaman

2. Membuat Janin Memiliki Kecerdasan Emosional yang Baik

kakak dan adik
Perbesar
kakak dan adik (Sumber: Pixabay)

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa musik klasik dapat membuat Jjanin memiliki kecerdasan emosional yang baik. Namun, ternyata tak hanya musik klasik, Al-Qur’an juga dapat memberikannya.

Lantunan ayat-ayat suci pada Al-Qur’an salah satunya Surat Yusuf dapat bermanfaat untuk janin. Jika membaca atau mendengarkan lantunannya, maka janin dapat berkembang dengan baik pada saat di kandungan.

4 dari 7 halaman

3. Dapat Mengambil Teladan dari Kisah Nabi Yusuf

Anak-anak belajar
Perbesar
Anak-anak belajar (Sumber: Freepik)

Keteladanan Nabi Yusuf yang luar biasa terjelaskan dalam Surat Yusuf ini. Banyak hal-hal baik yang wajib diteladani dalam Surat Yusuf ini, salah satunya ialah kesabaran Nabi Yusuf AS.

Dari kisah tersebut yang selalu diperdengarkan pada janin, akan membuat janin terbiasa mendengar kisah-kisah baik. Pada saat besar nanti diharapkan anak dapat meneladani kisah Nabi Yusuf ini karena sudah sering mendengarkan sejak di kandungan.

Untuk ibunya, juga dapat meneladaninya dengan selalu bertawakal dalam menjalani kehamilan hingga proses melahirkan nantinya.

 

5 dari 7 halaman

4. Setelah Lahir, Anak Mudah Diajarkan Al-Qur’an

Anak baca Al-Qur'an
Perbesar
Anak baca Al-Qur'an (Sumber: Freepik)

Ketika seorang anak sudah selalu diperdengarkan ayat-ayat suci Al-Qur’an saat di kandungan maka akan memiliki daya ingat yang tinggi.

Daya ingat yang tinggi ini dapat membuat anak menjadi lebih mudah menghafal, khususnya Al-Qur’an yang sejak menjadi janin sudah didengarkannya.

6 dari 7 halaman

5. Anak Memiliki Karakter yang Baik

Anak perempuan berhijab
Perbesar
Anak perempuan berhijab (Sumber: Freepik)

Tidak hanya mudah menghafal, anak juga menjadi lebih diarahkan pada hal-hal yang agamis karena sudah sering mendengarkan Al-Qur’an yang sangat berkaitan dengan Islam.

Ketika anak sudah menjalankan hal yang diperintahkan Allah SWT, maka dapat membuatnya memiliki karakter serta moralitas yang sangat baik. Anak juga akan menjauhi segala larangan yang artinya dapat menghindarkannya dari kenakalan-kenakalan.

Surat Yusuf dapat dibaca atau didengarkan untuk ibu hamil sesering mungkin agar dapat mendapatkan manfaat yang luar biasa seperti yang telah disebutkan di atas.

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

7 dari 7 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓