Manfaat Membaca Surah Al Fatihah 100 Kali dalam Sehari

Oleh Erik Erfinanto pada 15 Mar 2021, 23:17 WIB
Diperbarui 15 Mar 2021, 23:17 WIB
Ilustrasi baca Al-Quran
Perbesar
Berikut beberapa manfaat membaca Al-Quran untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Surah Al Fatihah disebut sebagai inti dari seluruh isi Al Quran. Di dalamnya mengandung banyak keutamaan yang tersimpan. Di antaranya dapat memberi kesembuhan dari sejumlah penyakit.

Surah Al Fatihah punya posisi sangat penting dalam agama Islam. Bahkan Nabi pernah bersabda bahwa salat seseorang tidak sah bila tak membacanya.

Keterangan mengenai posisi penting surah Al Fatihah dalam salat itu disebut dalam salah satu hadis yang diriwayatkan Imam Muslim sebagai berikut.

Nabi Muhammad SAW bersabda," Tidak sah salatnya orang yang tak membaca Surah Al Fatihah" (HR. Muslim).

Hadis tersebut, menurut Imam Nawawi disebut sebagai dasar mengapa mazhab Syafii mewajibkan umat Islam membaca Al Fatihah di setiap salat, baik salat berjamaah maupun sendiri.

Bahkan, bila seorang muslim membaca surah Al Fatihah sebanyak 100 kali dalam satu hari, maka akan dijanjikan sejumlah keistimewaan dari Allah SAW.

Dirangkum dari berbagai sumber, dengan niat yang tulus serta berharap hanya kepada Allah SWT, berikut manfaat membaca surah Al Fatihah 100 kali dalam sehari.

1. Mudah Mengontrol Hati dan Pikiran

Bila Anda merasa gusar, galau dan waswas, ada baiknya membaca surah Al Fatihah 100 kali dalam sehari.

Maka pikiran dan hari selalu terhindar dari hal-hal yang memberi akibat buruk.

Dalam sebuah hadis, diceritakan bahwa Rasulullah menyembuhkan orang yang menderita sakit jiwa dengan ijin Allah. Kala itu, salah satu surat yang dibaca adalah surat Al Fatihah.

Karena itu, salah satu manfaat membaca surat Al Fatihah 100 kali adalah dimudahkan menjaga kebaikan serta kesehatan hati dan pikiran.

2. Diberi Kesembuhan

Selain berikhtiar mencari kesembuhan dengan mendatangi petugas medis, cara paling utama untuk memperoleh kesembuhan ialah memintanya kepada Allah.

Cara meminta yang baik adalah dengan disertai amal sholeh, seperti membaca surat Al Fatihah 100 kali. Apalagi Al Fatihah memang dikenal sebagai surat penyembuh atau rukyah. Jika diamalkan, maka Insya Allah kesembuhan akan lebih mudah diraih.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Dikabulkan Hajat yang Baik

Doa Sesudah Sholat Tarawih
Perbesar
Ilustrasi Kitab Al Qur’an Credit: pexels.com/Abdulmeilk

Manfaat membaca surat Al Fatihah 100 kali yang banyak dirasakan adalah dikabulkannya hajat baik seseorang.

Apapun masalah yang sedang dirasakan, atau tujuan yang ingin dicapai bisa terlaksana jika kita mendekatkan diri kepada Allah lewat membaca surat Al Fatihah 100 kali.

4. Kelancaran Rezeki

Jika rutin dilaksanakan (misal membacanya 20 kali setiap usai shalat), maka Allah akan memudahkan rezeki kita, menaikkan derajat kita ke tempat yang lebih baik, serta mempermudah urusan di dunia.

Syekh Muhyiddin Ibnul Arabi menganjurkan agar kita berdoa setelah membaca surat Al Fatihah. Doa yang diijazahkan oleh beliau dalam Kitab ‘Qaddasallaahusirrahu’ adalah:

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu dengan kebenaran surah Al – Fatihah dan rahasianya, sehingga Engkau bukakan bagiku pintu-pintu rahmat, karunia-Mu dan rezeki-Mu.”

5. Dimudahkan Memperoleh Ilmu Pengetahuan

Khasiat membaca surat Al Fatihah sebanyak 100 kali dalam sehari lainnya adalah akan mendapat kemudahan dalam menuntut ilmu pengetahuan.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya