Sukses

Cek 3 Tips Ini untuk Kembalikan Semangat Ramadan yang Luntur Usai Lebaran

Tips agar semangat Ramadan tak hilang usai lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, seluruh amalan dilipatgandakan pahalanya. Di bulan ini, umat Islam berlomba mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya.

Usainya Ramadan dirayakan dengan hari raya Idul fitri. Pada hari tersebut umat Islam bersuka cita karena telah melalui bulan Ramadan dengan penuh berkah. Usainya bulan Ramadan inilah yang biasanya membuat semangat Ramadan memudar. Kembalinya akitivitas seperti biasa, membuat amalan-amalan Ramadan ditinggalkan.

Jika amalan Ramadan ditinggalkan, semangat Ramadan akan pudar seiring waktu. Maka dari itu diperlukan tips agar semangat Ramadan tak hilang usai lebaran. Dengan mengetahui tips agar semangat Ramadan tak hilang usai lebaran kamu akan tetap dapat merasakan suasana Ramadan tiap harinya.

Tips agar semangat Ramadan tak hilang usai lebaran dapat kamu terapkan setiap hari, mudah dilakukan, dan pastinya tak akan memberatkanmu. Kamu juga bisa membagikan tips agar semangat Ramadan tak hilang usai lebaran pada orang terdekatmu agar mereka dapat terus mendapatkan semangat Ramadan.

Berikut tips agar semangat Ramadan tak hilang usai lebaran, yang dirangkum Liputan6.com, Minggu (31/5/2020).

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Lakukan satu Perbuatan baik setiap hari

Biasakan untuk melakukan setidaknya satu tindakan yang layak setiap hari, tidak peduli seberapa kecil. Ini bisa apa saja, seperti mengulurkan bantuan kepada anggota keluarga, teman, kolega, atau bahkan orang asing yang membutuhkan. Tindakan tanpa pamrih yang mengharuskan kamu untuk mencurahkan waktu, upaya, atau tenaga, bahkan jika itu sedikit, bisa menjadi sesuatu yang signifikan di hadapan Allah.

Nabi Muhammad (SAW) berkata,

"Perbuatan yang paling dicintai Allah adalah yang dilakukan secara teratur, bahkan jika itu kecil."

 

3 dari 4 halaman

2. Terus Beramal

Menurut Islam, kekayaan yang dimiliki merupakan sebuah ujian. Ujian ini untuk melihat apakah seseorang bersyukur kepada Allah untuk itu. Salah satu cara terbaik untuk mengungkapkan rasa terima kasih adalah dengan membagikan kekayaan yang dimiliki dengan orang lain, terutama orang kurang beruntung yang paling membutuhkannya.

Jadi, biasakan untuk memberi dalam bentuk amal berapa pun jumlah yang bisa kamu berikan. Tetapi kegiatan ini perlu dilakukan secara teratur. Beramal benar-benar akan membantu orang lain dan membuat kamu merasa baik. Al-Quran menyatakan bahwa membantu orang yang membutuhkan secara keuangan seperti memberi Allah pinjaman yang akan Dia kembalikan dan "berlipat ganda berkali-kali."

4 dari 4 halaman

3. Lakukan Puasa Sunnah

Berpuasa mengajarkan seseorang tentang pengendalian diri, dan membuatnya tetap waspada terhadap kesalahan. Karena itu, biasakan berpuasa sunah tiap bulannya. Puasa sunah juga merupakan praktik rutin Nabi Muhammad SAW. Usai Ramadan kamu dapat berpuasa syawal selama 6 hari. Kamu juga bisa melanjutkan amalan ini dengan puasa senin kamis tiap minggunya.

Berpuasa sangat dihargai oleh Allah. Hal ini tidak hanya memungkinkanmu untuk mengendalikan keinginan duniawi, tetapi juga untuk merasakan penderitaan orang miskin, dan menanggung kekurangan. Puasa juga membantumu mencapai gaya hidup seimbang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.