Sukses

Foto IKEA di Jerman Sediakan Tempat Parkir untuk Salat Id Saat Pandemi Virus Corona

Sebuah toko IKEA di Jerman menjadikan tempat parkirnya yang besar, yang kosong karena toko ditutup selama pandemi virus corona, sebagai tempat salat Idul Fitri bagi ratusan muslim setempat.

Liputan6.com, Frankfurt - Sebuah toko IKEA di Jerman menjadikan tempat parkirnya yang besar, yang kosong karena toko ditutup selama pandemi virus corona, sebagai tempat salat Idul Fitri bagi ratusan muslim setempat.

Sekitar 800 Muslim berdoa di ruang terbuka yang besar untuk menandai akhir bulan suci Ramadan pada Minggu 24 Mei 2020.

"Doa penutup dengan semua Muslim di Wetzlar seperti hadiah bagi kami," kata seorang ketua masjid kepada BBC News, dikutip pada Sabtu (30/5/2020).

Tempat-tempat ibadah telah dibuka kembali di Jerman tetapi mereka harus mengikuti aturan untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Gambar-gambar doa Idul Fitri yang diposting di media sosial telah dibagikan secara luas, dengan banyak memuji masjid karena menemukan cara yang aman bagi masyarakat untuk berdoa bersama.

Mencari ruang alternatif untuk mengakomodasi banyak orang yang berlatih menjaga jarak sosial, ketua masjid Wetzlar, Kadir Terzi, mendekati IKEA pekan lalu.Dia mengatakan kepada BBC News bahwa dia tidak berharap akan menerima respons positif.

"Tetapi manajer toko tidak ragu-ragu sedetik pun dan berkata 'ya, kamu bisa salat'. Saya terkejut dan senang pada saat yang sama," Terzi menjelaskan, yang kemudian mengatur salat bersama dengan masjid Ditib Wetzlar.

Masjid mengundang jemaah untuk membawa tikar dan mengenakan masker, melarang datang anak-anak dan lansia, serta harus menjaga jarak fisik.

Setelah awal yang goyah dengan beberapa orang berkerumun di pintu masuk, sebuah video memperlihatkan ratusan orang berbaring di atas sajadah mereka dari jarak yang sama, dibantu oleh pelayan.

Dengan latar belakang Ikea biru dan kuning yang ikonis di latar belakang, orang-orang yang mengenakan topeng melakukan doa mereka dan mendengarkan khotbah oleh imam.

Terzi mengatakan doa itu sangat penting karena banyak jamaah merasa terisolasi selama Ramadhan karena pembatasan virus corona.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Idul Fitri yang Tak Biasa

Biasanya bulan puasa dan Idul Fitri adalah waktu yang sibuk ketika keluarga dan masyarakat berkumpul setiap malam untuk berbuka puasa dan mengatur kegiatan amal.

"Itu adalah bulan Ramadan yang sama sekali berbeda, tanpa kontak, tanpa kunjungan dan tanpa berbuka puasa bersama," ia menjelaskan, menambahkan bahwa kesempatan untuk berdoa bersama sangat berharga.

Keputusan itu dipuji secara luas di media sosial. Wartawan Kanada Carly Agro memposting "ini adalah cinta dan kebaikan yang dibutuhkan dunia saat ini."

"Sikap yang sangat indah. Tanda harapan sejati di masa-masa sulit ini," tulis pengguna Twitter lainnya.

"Inilah yang menemukan solusi bersama dan tetap bersama satu sama lain melalui krisis ini!" yang lain menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.