Sukses

7 Manfaat Salat Dhuha Secara Rutin, Beri Kemudahan Segala Urusan

Salat dhuha secara rutin bermanfaat bagi jasmani dan rohani.

Liputan6.com, Jakarta Salat dhuha merupakan salat sunah yang sangat dianjurkan Rasulullah SAW. Salat dhuha dilaksanakan 20 menit setelah matahari mulai terbit hingga 15 menit sebelum masuknya waktu salat zuhur. Tata cara salat dhuha sama seperti salat sunah pada umumnya dengan minimal dua rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Mengerjakan salat dhuha secara rutin memiliki berbagai keuntungan bagi kehidupan dunia dan akhirat. Manfaat salat dhuha secara rutin bisa membantu menghapus dosa hingga menyehatkan tubuh.

Salat dhuha yang dikerjakan dengan ikhlas secara rutin dapat melimpahkan keberkahan. Manfaat salat dhuha secara rutin juga bisa menjadi salah satu cara meneladani Rasulullah SAW. Berikut 7 manfaat salat dhuha dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (31/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Diampuni Dosanya

Salat dhuha secara rutin dapat membantu menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat. Bahkan diibaratkan salat duha mampu menghapus dosa meski banyak seperti buih di lautan. Ini sesuai dengan hadis yang berbunyi:

"Siapa yang membiasakan salat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan." (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Riwayat lain juga menjelaskan mengenai manfaat salat dhuha:

“Barangsiapa yang masih berdiam diri di masjid atau tempat salatnya setelah salat shubuh karena melakukan iktikaf, berzikir, dan melakukan dua rakaat salat dhuha disertai tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun banyaknya melebihi buih di lautan.” (HR Abu Daud).

3 dari 8 halaman

Dimudahkan Segala Urusan

Salat dhuha merupakan salah satu cara mendekatkan diri pada Allah. Dengan senantiasa bersujud dan memohon ampunan pada Allah, segala urusan dunia dan akhirat akan dijamin kemudahannya.

Waktu dhuha juga diyakini merupakan waktu yang tepat untuk berdoa. Diyakini jika seseorang memohon dan berdoa pada waktu dhuha, maka malaikat juga menolong mendoakannya agar diterima oleh Allah SWT. Ini bisa membantumu menghadapi segala urusan dengan mudah dan tenang.

4 dari 8 halaman

Dicukupkan Kebutuhannya

Manfaat salat dhuha secara rutin dikaitkan dengan kelancara rezeki. Orang yang salat dhuha akan dicukupkan kebutuhannya. Ini diibaratkan dengan dicukupkan kebutuhannya di akhir siang. Manfaat ini sesuai dengan hadis Nabi yang berbunyi:

“Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: “Wahai Anak Adam, jangan sekali-kali kamu malas mengerjakan empat rakaat pada awal siang (salat duha), nanti akan Aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya (sore hari).” (HR Daud, Ahmad, Tirmidz).

5 dari 8 halaman

Wajah Terlihat Lebih Bercahaya

Orang yang rajin salat baik itu salat fardu maupun salat sunah akan memiliki wajah yang berseri dan bersinar. Manfaat ini didukung oleh sejumlah alasan. Pertama, saat salat, diwajibkan untuk berwudu terlebih dahulu. Berwudu dengan mencuci muka akan membuat wajah terlihat lebih bersih dan terhindar dari kotoran yang menyebabkan wajah kusam.

Kedua, salat sunah seperti salat duha dapat mencegah stres yang dapat menyebabkan wajah terlihat muram. Salat dhuha secara rutin dapat menenangkan hati dan pikiran serta terus dekat dengan Allah. Dengan begitu, seseorang jadi tak mudah stres.

6 dari 8 halaman

Setara dengan Sedekah

Menjalankan salat dhuha setara dengan melakukan sedekah. Sedekah yang dimaksud adalah sedekah untuk tubuh dengan senantiasa berzikir dengan mengerjakan dua rakaat salat dhuha. Ini sesuai dengan hadis yang berbunyi:

"Dari Abu Dzar radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, "Hendaklah masing-masingmu setiap pagi bersedekah untuk setiap ruas tulang badannya. Maka, tiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, melarang keburukan adalah sedekah dan sebagai ganti dari semua itu, cukuplah mengerjakan dua rakaat salat duha." (HR Ahmad, Muslim, dan Daud).

7 dari 8 halaman

Terhindar dari Keburukan

Salat dhuha akan menjauhkan diri dari segala keburukan yang bisa datang kapan saja. Adanya ikatan antara hamba dengan Allah SWT dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Dengan begitu, saat akan melakukan dosa, kamu akan mengingat Allah SWT terlebih dahulu dan berpikir ulang untuk melakukan sesuatu.

Orang-orang yang menjalankan salat duha secara rutin akan dijanjikan pahala dan surga. Ini sesuai dengan hadis yang berbunyi:

“Barangsiapa yang salat duha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

8 dari 8 halaman

Sehatkan Tubuh

Tak hanya manfaat rohani, salat dhuha juga memiliki manfaat untuk kesehatan jasmani. Salat di pagi hari menjelang siang dapat melancarkan peredaran darah. Udara pagi yang segar dapat bermanfaat bagi pernapasan dan jantung.

Selain itu, waktu pagi merupakan waktu yang tepat untuk mengerakkan semua otot yang masih kaku supaya badan tetap fit dan peredarah darah menjadi lancar. Rajin salat dhuha juga membantu menyehatkan persendian dan tulang. Berwudu sebelum salat juga membantu membuat wajah terlihat awet muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini