Sukses

6 Manfaat Siwak, Pembersih Gigi yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW

Manfaat siwak sudah terbukti beribu-ribu tahun, bahkan siwak termasuk dalam sunnah Nabi Muhammad SAW.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat siwak memang sudah ratusan bahkan ribuan tahun dikenal untuk menjaga kesehatan dari gigi dan mulut. Bahkan dengan banyaknya manfaat siwak tersebut, siwak menjadi salah satu barang wajib yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya sekadar barang, bahkan Nabi Muhammad SAW menjadikan siwak sebagai sunnah yang baik untuk digunakan dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Siwak sendiri sebenarnya merupakan jenis kayu. Ukuran dari kayu siwak ini ada di kisaran panjang 15-20 cm dan memiliki diameter sekitar 1,5 cm. Siwak sendiri terbuat dari Salvadora persica, yang memiliki sebutan lain yaitu Toothbrush Tree. Uniknya, di beberapa negara siwak juga dibuat dari tangkai pohon jeruk atau daun mimba.

Karena bahan dasar pembuatan siwak ini berasal dari bahan alami, sehingga sangat ramah lingkungan tentunya. Karena tidak ada bahan kimia berbahaya yang merugikan lingkungan. Selain itu, siwak juga baik bagi tubuh karena tidak ada bahan kimia di dalamnya.

Memang, dengan mengikuti berbagai tuntunan Nabi Muhammad SAW hidup akan selalu diberikan kemudahan dan jalan yang lurus. Selain itu, Nabi Muhammad SAW selalu memberi tauladan yang baik entah dalam bersikap maupun berbagai hal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Jadi, tidak ada salahnya bukan untuk mendapatkan manfaat siwak dengan mencobanya? Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, mengenai apa saja sebenarnya manfaat siwak tersebut, Kamis (28/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Melawan Kerusakan Gigi

Manfaat siwak pertama tentunya kemampuannya dalam melawan berbagai risiko kerusakan gigi. Selain itu, dengan menggunakan siwak dapat membantu Anda dalam mencegah terkena penyakit pada rongga mulut. Hal tersebut memang sangat berisiko untuk timbul, mengingat kebiasaan mengonsumsi berbagai macam makanan yang memiliki kandungan gula berlebihan yang menjadi penyebab utamanya.

Manfaat siwak tersebut akan semakin terasa apabila Anda mengurangi konsumsi makanan manis. Siwak sendiri akan membantu Anda dalam memproduksi air liur yang membantu melawan kerusakan pada gigi dan juga akan memperkuat email gigi Anda.

3 dari 8 halaman

2. Sebagai Antibakteri

Mulut ternyata merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang sebenarnya sangat banyak mengandung bakteri. Pada mulut manusia terdapat hampir lebih dari 700 jenis bakteri. Namun, memang ada bakteri yang bermanfaat dan juga tidak. Ada beberapa jenis bakteri yang cukup berbahaya dan dapat mengikis enamel pada gigi.

Dan, dengan sikat gigi dengan siwak dipercaya dapat mengurangi timbulnya dari bakteri tersebut. Bahkan penelitian yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan, jika orang yang yang teratur menyikat gigi dengan siwak justru memiliki sangat sedikit masalah kebersihan mulut dibandingkan dengan yang hanya memakai sikat gigi biasa.

4 dari 8 halaman

3. Mencegah Penumpukan Plak

Plak yang ada pada mulu ternyata merupakan lapisan bakteri tidak berwarna yang terbentuk pada gusi dan gigi. Dan hal ini akan semakin parah jika Anda tidak menyikat gigi secara teratur. Saat Anda tidak menyikat gigi secara teratur, maka akan membuat plak tersebut berubah menjadi kuning dan menyebabkan penyakit gusi hingga kehilangan gigi. Dengan menggunakan siwak, maka masalah tersebut dapat diatasi. Hal tersebut karena siwak memiliki sifat antibiotik yang dapat mencegah bakteri pada gusi dan gigi Anda.

5 dari 8 halaman

4. Mencegah Bau Mulut

Salah satu masalah yang sering timbul dan cukup mengganggu percaya diri seseorang yaitu bau mulut. Bau mulut tersebut juga akan diperparah jika Anda memiliki gigi yang berlubang. Selain gigi yang berlubang, kondisi gusi yang tidak juga meningkatkan timbulnya bau mulut ini. Hal tersebut akan mudah diatas jika Anda menggunakan siwak. Mengingat siwak memiliki kandungan antibiotik yang sangat berguna dalam menghilangkan bau mulut. Selain itu, dengan menggunakan siwak secara teratur dapat menghasilkan banyak air liur yang berguna dalam melawan bau mulut.

6 dari 8 halaman

5. Perkuat Gusi

Sebagai pondasi penting pada gigi, gusi memang harus memiliki kondisi yang kuat. Gusi yang tidak sehat biasanya disebabkan oleh plak yang menyebabkan radang. Dan jika plak tersebut dibiarkann saja, maka akan menyebabkan timbulnya gingivitis. Gingivitis tersebut jika sudah parah maka dapat memengaruhi struktur tulang rahang yang disebut dengan periodontis.

7 dari 8 halaman

6. Antikarsinogenik Alami

Banyak penelitian yang mendapatkan hasil jika siwak mengandung enzim antioksidan seperti peroksidae, katalase, dan polifenol oksidase. Kandungan antioksidan tersebut ternyata merupakan antioksidan yang memiliki sifat antikarsinogenik atau antikanker. Dan apabila zat tersebut rutin masuk ke dalam tubuh, maka bukan tidak mungkin jika risiko untuk terkena kanker pada tubuh Anda akan menurun.

8 dari 8 halaman

Zat yang Terkandung di Dalam Siwak

1. Silica

Silica adalah jenis material abrasif yang dapat membantu dalam mengangkat kotoran yang ada di permukaan gigi.

2. Tannic acid

Zat ini memiliki efek astringent yang dapat membuat jaringan membran mukosa secara biologis akan berkontraksi. Zat ini pula yang dapat mencegah timbulnya plak dan radang gusi.

3. Resin

Zat ini akan membentuk lapisan enamel dimana memiliki fungsi untuk melindungi gigi dari pengeroposan akibat aktivitas mikroba.

4. Alkaloid

Alkaloid bermanfaat dalam mengusir bakteri dan menjadi stimulus yang baik bagi gusi.

5. Sodium bicarbonate

Siwak juga memiliki kandungan sodium bicarbonate sebagai antiseptik dan akan mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang mengganggu kesehatan dari mulut.

Itulah beberapa manfaat siwak yang sangat berguna bagi kesehatan mulut, tentu jika Anda menggunakannya dengan rutin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini