6 Buah Favorit Nabi Muhammad SAW, Menyimpan Berbagai Manfaat

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 28 Mei 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 28 Mei 2020, 21:00 WIB
[Bintang] Selain Kurma, Ternyata Ini Makanan Favorit Nabi Muhammad SAW

Liputan6.com, Jakarta Buah favorit Nabi Muhammad SAW ternyata cukup beragam jenisnya. Bahkan beberapa jenis buah favorit Nabi Muhammad SAW tersebut bisa Anda temukan dengan mudah di toko buah dekat tempat tinggal Anda.

Nabi Muhammad SAW tentu saja selalu menjadi panutan bagi tata cara hidup umat Islam. Apapun yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW akan diikuti pula oleh umatnya. Hal tersebut memang lumrah mengingat Nabi Muhammad SAW adalah Nabi terakhir yang diberi wahyu untuk menuntun manusia ke arah yang lebih terang.

Bahkan, apapun makanan yang dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW tentu adalah yang terbaik. Tidak hanya asal mengenyangkan, beberapa makanan tersebut biasanya mengandung manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Itulah mengapa dengan mengikuti kebiasaan dan mengonsumsi makanan serta buah favorit Nabi Muhammad SAW, dapat menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit.

Namun, dalam mengonsumsi makanan dan buah favorit Nabi Muhammad SAW tersebut juga ada batasan-batasannya. Karena Nabi Muhammad SAW juga sangat melarang untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Mungkin selama ini Anda hanya berpikir jika buah favorit Nabi Muhammad SAW hanyalah kurma. Ya, memang tidak sepenuhnya salah. Namun, ternyata ada beberapa buah favorit Nabi Muhammad SAW lainnya yang biasa dikonsumsi. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum berbagai buah favorit Nabi Muhammad SAW tersebut, Kamis (28/5/2020).

2 dari 7 halaman

1. Kurma

kurma
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Nor Gal

Dimulai dari buah favorit Nabi Muhammad SAW yang sudah umum diketahui oleh seluruh orang, yaitu kurma. Memang, kurma menjadi salah satu buah yang diketahui menjai favorit dari Nabi Muhammad SAW. Bahkan Nabi Muhammad SAW sangat gemar mengonsumsi buah kurma dengan berbagai cara, salah satunya dengan direndam dalam air hangat atau yang saat ini dikenal dengan infused water. Bahkan banyak hadist yang menyebutkan jika saat berbuka puasa sangat baik mengonsumsi buah kurma dalam jumlah yang ganjil.

Kurma sendiri memang memiliki rasa manis yang berasal dari gula alami. Selain itu kurma memiliki berbagai kandungan serat dan mineral serta vitamin yang sangat lengkap. Akan tetapi, meski buah ini memiliki berbagai manfaat dan berukuran kecil, bukan berarti Anda bebas mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Karena kalor pada kurma juga sangat tinggi.

3 dari 7 halaman

2. Buah Zaitun

buah zaitun
Buah Zaitun. (sumber: iStock)

Buah zaitun memang dikenal dengan kandungan minyaknya yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, kandungan minyak dari buah zaitun ternyata juga sangat digemari oleh Nabu Muhammad SAW. Hal tersebut bahkan diperjelas melalui hadist yang menjelaskannya, dengan bunyi:

Dari Abi Usaid Al-Anshari bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi”. (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi).

4 dari 7 halaman

3. Anggur

Manfaat Buah Anggur
Buah anggur (Sumber: iStockphoto.com)

Buah ini merupakan jenis buah favorit Nabi Muhammad SAW. Biasanya anggur dijadikan salah satu menu saat berbuka puasa oleh Nabi Muhammad SAW. Dan tidak dapat dipungkiri, anggur memang memiliki rasa yang sangat nikmat dan banyak sekali kandungan vitaminnya. Dan mengenai keistimewaan anggur ini bahkan di jelaskan dalam Surah Ar-Rad ayat 4 yang menyebutkan jika anggur memiliki kelebihan dari segi rasa jika dibanding buah yang lain.

5 dari 7 halaman

4. Buah Ara (buah At-Tin)

Buah Ara
Buah Ara Photo by Heather Barnes on Unsplash

Nama buah ini memang sangat dikenaal pastinya oleh umat Islam. Buah ara ini bahkan dijadikan sebuah surat dalam Al-Quran dengan nama At-Tin yang pada awal suratnya berbunyi: “Demi buah tin dan zaitun.” (QS. At-Tiin: 1).

Selain itu, buah tin ini juga dijelaskan melalui hadist riwayat Abu Darda yang mengatakan bahwa, Rasulullah telah diberi hadiah satu wadah buah tin, kemudian Nabi bersabda, “Makanlah! Jika engkau berkata, ada buah yang diturunkan dari surga, maka aku bisa katakan, Inilah buahnya, karena sesungguhnya buah surga tanpa biji. Oleh karena itu, makanlah, karena buah tin ini dapat menyembuhkan wasir dan encok.”

6 dari 7 halaman

5. Buah Labu

Buah labu
Bau yang berasal dari labu memang dapat meningkatkan aliran darah ke penis dan berperan sebagai afrodisioak bagi pria. (Sumber Pixabay)

Selain karena khasiat labu yang sangat baik untuk kesehatan, labu juga merupakan salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad SAW. Kandungan air pada labu sendiri memang sangat banyak, sehingga membuat labu sangat menyegarkan. Buah labu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan paru-paru, mencegah cacat pada janin, mengobati asma, tekanan darah, penyakit jantung dan kanker.

Labu yang menjadi buah favorit Nabi Muhammad SAW ini juga telah dijelaskan oleh Muhammad bin Basyar dari Muhammad bin Ja'far yang diriwayatkan juga oleh Abdurrahman bin Mahdi. Keduanya menerima dari Syu'bah dari Qatabah yang sumbernya berasal dari Anas bin Malik r.a. Beliau menyebutkan bahwa “Nabi SAW menggemari labu. Maka (pada suatu hari) beliau diberi makanan itu atau diundang untuk makan makanan itu (labu). Aku pun mengikutinya, maka makanan itu (labu) kuletakkan dihadapannya, karena aku tahu beliau menggemarinya.”

7 dari 7 halaman

6. Semangka

Buah Semangka
Ilustrasi Buah Semangka Credit: pexels.com/pixabay

Salah satu buah favorit Nabi Muhammad SAW yang terakhir yaitu semangka. Buah menyegarkan ini memang sarat akan rasa yang enak dan kandungan vitamin serta minera yang sangat baik bagi tubuh. Bahkan, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Tak satupun dari wanita yang sedang hamil dan makan semangka akan gagal untuk menghasilkan keturunan yang baik di wajah dan sangat baik dalam sifat.”

Selain itu, kegemaran Nabi Muhammad SAW dalam mengonsumsi buah semangkan juga dijelaskan dari riwayat Aisyah bahwa, “Sesungguhnya Nabi -SAW- sering makan semangka disertai ruthab.” (HR.at-Tirmidzy no.1843, dishahihkan oleh al-Albany dalam Shahih at-Tirmidzy no.1843).

Begitu banyaknya buah favorit Nabi Muhammad SAW yang bisa dengan mudah ditemukan. Dan dengan mengikuti berbagai kebiasaan Nabi Muhammad SAW, semoga umat Islam selalu terjaga kesehatannya.

Lanjutkan Membaca ↓