Sukses

8 Manfaat Minyak Kasturi Kesukaan Rasulullah

Manfaat minyak kasturi kesukaan Rasulullah sangat beraneka ragam.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak kasturi kesukaan Rasulullah memang sudah terkenal sejak dahulu. Sehingga tidak heran jika Rasulullah bahkan mengeluarkan beberapa sabda yang membahas mengenai keistimewaan minyak kasturi ini.

Jenis minyak kasturi yang memiliki nama lain musk oil, ternyata menjadi sebuah barang yang cukup mahal dan langka untuk ditemukan. Hal ini memang tidak terlepas dari manfaat minyak kasturi kesukaan Rasulullah tersebut yang sejak dahulu dijadikan sebagai obat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan.

Aroma khas dari minyak kasturi sendiri memang sangat lembut, namun wangi tersebut bisa bertahan lama. Dan minyak kasturi juga biasa digunakan sebagai obat-obatan yang bisa memberi manfaat bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Bahkan, manfaat minyak kasturi kesukaan Rasulullah ini sejak ratusan tahun lamanya telah digunakan sebagao obat untuk meredakan sakit, sebagai penawar racun, dan juga dapat meningkatkan stamina serta vitalitas.

Agar lebih menjelaskan apa saja sebenarnya manfaat minyak kasturi kesukaan Rasulullah ini, berikut Liputan6.com telah merangkum apa saja manfaat minyak kasturi kesukaan Rasulullah yang bisa didapatkan oleh tubuh, Kamis (28/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Kasturi Kesukaan Rasulullah

1. Aromaterapi

Manfaat minyak kasturi kesukaan Rasulullah yang pertama memang sudah tidak asing lagi. Minyak kasturi memang dikenal memiliki wangi yang sangat memikat dan sangat menenangkan. Bahkan aaroma tersebut juga bermanfaat sebagai aromaterapi yang menenangkan pikiran. Oleh karena itu banyak sekali orang yang memanfaatkan minyak kasturi ini sebagai bahan utama aromaterapi.

2. Mengobati Gangguan Kulit

Sangat banyak penyakit yang dapat mengganggu kesehatan kulit. Beberapa penyakit tersebut bahkan membuat kurangnya percaya diri seseorang. Beberapa jenis penyakit tersebut seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Untuk mengatasi berbagai masalah tersebut, akan lebih efektif jika menggunakan jenis produk kebersihan dan kecantikan tubuh yang memiliki kandungan minyak kasturi.

Minyak kasturi sendiri memang memiliki kandungan yaitu retinol. Dan, kandungan retinol pada minyak kasturi tersebut dapat membantu regenerasi sel kulit serta memulihkan berabagai dampak yang ditimbulkan dari ganguan pada kulit tersebut.

3 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Kasturi Kesukaan Rasulullah

3. Menjaga Tekstur Kulit

Salah satu penyebab kulit yang kusam karena adanya radikal bebas yang menutupi pori-pori yang ada di kulit. Bahkan radikal bebas tersebut sangat berbahaya dan dapat membuat sel kulit menjadi mati dan gagal untuk regenerasi. Itulah mengapa dengan menggunakan minyak kasturi, akan membantu kulit dalam melindungi kulit dari berbagai kerugian yang diakibatkan oleh radikal bebas.

4. Menjaga Kelembapan Kulit

Manfaat minyak kasturi selanjutnya yaitu kemampuannya dalam menjaga kelembapan kulit. Minyak kasturi akan menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik dan dapat terhindar dari masalah seperti kulit kering. Hal tersebut tentu saja disebabkan karena adanya kandungan essential fatty acids, dimana terdapat omega 6 yang memang memiliki fungsi dalam menjaga keseimbangan kapasitas air pada lapisan kulit.

4 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Kasturi Kesukaan Rasulullah

5. Menyamarkan Stretch Marks

Stretch marks memang menjadi salah satu masalah kulit yang cukup menyebalkan dan dapat memengaruhi kondisi kepercayaan diri seseorang. Dengan menggunakan minyak kasturi masalah kulit seperti strectch mark dapat berlahan teratasi. Karena minyak kasturi dikenal memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik dalam memperbaiki sel kulit yang telah rusak.

6. Mengencangkan Kulit

Minyak kasturi juga memiliki kemampuan dalam mengencangkan kulit. Hal tersebut sangat berguna untuk mencegah timbulnya keriput pada kulit.

Dengan kandungan berupa omega 3 dan omega 6, dapat membantu kulit agar meregenerasi jaringan kulit lama yang telah rusak atau mati. Sehingga tidak heran jika kemampuannya dalam mengencangkan kulit tersebut, minyak kasturi sering digunakan pada berbagai produk anti-aging untuk mencegah keriput.

5 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Kasturi Kesukaan Rasulullah

7. Sebagai Analgesik

Minyak kasturi ternyata juga memiliki manfaat lainnya, yaitu sebagai pereda nyeri atau analgesik. Minyak kasturi ini ternyata memang memiliki beberapa jenis nutrisi yang dapat meredakan rasa sakit pada tubuh terutama pada beberapa bagian sendi. Selain itu minyak kasturi diketahui dapat mengurangi bengkak yang disebabkan beberapa luka.

8. Sebagai Antiseptik

Dan salah satu manfaat minyak kasturi yang terakhir adalah kemampuannya sebagai agen antiseptik. Kemampuan tersebut akan sangat berguna apabila tubuh mengalami gigitan hewan atau luka karena terjatuh. Bahkan jika tubuh terkena gigitan ular terkena luka robek yang cukup dalam, sangat disarankan untuk menggunakan minyak kasturi ini.

6 dari 6 halaman

Jenis Minyak Kasturi

Minyak kasturi sendiri sebenarnya terbagi menjadi dua jenis berdasar sumbernya. Yang pertama dihasilkan dari jenis nabati atau tumbuhan, dan yang kedua dihasilkan dari sumber hewani, berikut penjelasannya.

1. Minyak Kasturi dari Tumbuhan

Sumber utama pembuatan dari minyak kasturi ini memang didapatkan dari kulit pohon kasturi itu sendiri. Kulit pohon tersebut selanjutnya akan di proses sehingga menjadi bentuk minyak. Lalu, bahan minyak kasturi tersebut akan dijadikan bahan campuran pada berbagai produk parfum atau kecantikan.

2. Minyak Kasturi dari Rusa

Pada minyak kasturi jenis ini memang diambil dari hewan rusa, dan biasanya minyak tersebut berasal dari bintil kelenjar rusa jantan. Bintil tersebut posisinya berada di antara perut dan genital, leher, kepala, serta badan bagian atas.

Namun, rusa yang memiliki kandungan kasturi ini juga merupakan rusa khusus yang disebut musk deer. Rusa jenis ini umumnya hidup di Cina, Mongolia, India, Mnachuria, dan Siberia. Sayangya, karena diketahui kandungan dari kasturi pada rusa ini, membuat jenis musk deer semakin terancam populasinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.