Arab Saudi Buka Masjid per 31 Mei, Ini Aturan yang Harus Dipatuhi

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 27 Mei 2020, 23:55 WIB
Diperbarui 28 Mei 2020, 08:43 WIB
Ilustrasi masjid
Perbesar
Ilustrasi masjid (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Riyadh - Masjid di Arab Saudi akan segera dibuka.

Untuk mengunjungi masjid, Menteri Urusan Islam di Arab Saudi , Sheikh Abdullatif bin Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al-Asheikh mengatakan ada aturan yang diterapkan. Di antaranya para jemaah harus menjaga jarak dua meter dan membiarkan satu baris ruang kosong di antara setiap baris.

Selain itu, jemaah juga dianjurkan mengenakan masker setiap saat, membawa sajadah untuk salat dan berwudu di rumah.

Imam masjid juga harus memastikan para jemaah menghindari kerumunan saat memasuki dan keluar dari masjid . Sementara anak-anak di bawah 15 tahun tidak diizinkan masuk.

Dalam langkah-langkah pelonggaran pembatasan untuk mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19, masjid-masjid di Arab Saudi akan dibuka kembali per pekan ini untuk salat Jumat.

"Masjid-masjid akan dibuka untuk umum untuk salat mingguan mulai 31 Mei hingga 21 Juni, kecuali di Makkah," kata Kementerian Urusan Islam Arab Saudi (Ministry of Islamic Affairs).  

Kendati demikian, Kementerian tersebut mengatakan ibadah Haji dan umrah tetap ditunda sampai pemberitahuan lebih lanjut. Demikian seperti dikutip dari Arab News, Rabu (27/5/2020). 

2 dari 3 halaman

Aturan Durasi Pembukaan Masjid

Masjidil Haram
Perbesar
Ribuan jemaah melakukan tawaf dan memadati sekitar Kakbah di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Arab Saudi pada Rabu (7/8/2019). Kondisi Masjidil Haram menjelang puncak ibadah haji kian dipadati jemaah dari berbagai negara. (Photo by FETHI BELAID / AFP)

Menurut sebuah surat edaran untuk staf masjid, tempat ibadah yang lebih kecil dapat dibuka 15 menit sebelum salat dan harus ditutup 10 menit setelah selesai.

Isi surat itu juga mengatakan bahwa masjid-masjid dengan jemaah lebih banyak dapat dibuka 20 menit sebelum salat dimulai. Diperbolehkan mengakhiri ibadah 20 menit setelahnya. Sementara khotbah tidak boleh lebih dari 15 menit.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓