Tata Cara Puasa Daud dan Keutamaannya yang Dimuliakan Allah

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 28 Mei 2020, 08:20 WIB
Diperbarui 28 Mei 2020, 08:39 WIB
Jadwal Imsak Hari Ini
Perbesar
Puasa Daud/ Sumber: iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta Puasa Daud merupakan salah satu puasa sunah yang sangat dimuliakan. Tata cara puasa Daud sudah diajarkan Rasulullah untuk para umatnya. Puasa ini menjadi amalan yang paling disukai Allah SWT.

Puasa Daud menjadi amalan rutin yang dilakukan Nabi Daud AS semasa hidupnya. Puasa ini mengajarkan umat Muslim untuk konsisten dan istiqmah menjalankan ibadahnya. Puasa Daud bahkan dipercaya dapat menjadi jalan memohon untuk segera dipertemukan jodoh.

Puasa Daud bisa dilakukan untuk menambah amalan sunah kapanpun dan di manapun. Pada dasarnya, tata cara puasa Daud sama dengan puasa pada umumnya. Yang membedakan tata cara puasa Daud dengan puasa lainnya adalah niat dan waktu pelaksanannya.

Dengan mengetahui tata cara puasa Daud, kamu bisa mempraktikkan dan mendapat kemuliaan dari ibadah sunah ini. Berikut tata cara puasa Daud dan keutamaannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/5/2020).

2 dari 5 halaman

Hadis tentang Puasa Daud

Jadwal Imsak Hari Ini
Perbesar
Puasa Daud / Sumber: iStockphoto

Keutamaan puasa Daud tertuang pada sejumlah hadis di antaranya:

Abdullah bin Amr meriwayatkan,

“Rasulullah bersabda, “Puasa yang lebih disukai oleh Allah ialah puasa Daud, dan salat yang paling disukai Allah, ialah salat Daud. Beliau tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, lalu tidur seperenamnya. Beliau berpuasa satu hari, lalu berbuka satu hari.” (HR Bukhari Muslim).

Kedudukan akan istimewanya puasa Daud juga tertuang pada sabda Rasulullah yang berbunyi:

"Rasulullah Muhammad SAW bersabda, 'Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdlal. Lalu aku (Abdullah bin Amru radhialahu ‘anhu) berkata sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “ Tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu." (HR. Bukhari).

3 dari 5 halaman

Waktu puasa Daud

Jadwal Imsak Hari Ini
Perbesar
Waktu puasa Daud/ Sumber: iStockphoto

Puasa Daud dilakukan dengan cara berselang seling harinya. Seseorang yang ingin berpuasa Daud dianjurkan untuk berpuasa pada satu hari dan tidak berpuasa di hari berikutnya, puasa kemudian dilanjutkan pada hari ketiga dan tidak berpuasa di hari keempat, berikut seterusnya.

Puasa Daud bisa dilakukan pada hari apa saja termasuk hari Jumat. Puasa Daud juga bisa dilakukan kapan saja, kecuali pada hari yang diharamkan untuk berpuasa seperti 1 Syawal, 10 Zulhijjah, dan hari Tasyrik.

4 dari 5 halaman

Tata cara puasa Daud

Makan sahur - buka puasa (iStock)
Perbesar
Ilustrasi makan bersama sahur dan buka puasa (iStockphoto)

Tata cara puasa Daud sama dengan puasa pada umumnya. Tata cara puasa Daud juga mengikuti rukun dan syarat sah puasa secara umum. Yang membedakan adalah niat yang diucapkan. Rukun puasa di antaranya adalah:

Niat

Niat dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa. Niat melaksanakan puasa harus dilakukan sebelum terbit fajar, bila tidak berniat sebelum fajar, maka puasa tidak sah. Berikut niat puasa Daud:

Nawaitu shauma daawuda sunnatal lillahi ta’ala.

Artinya: "Saya niat puasa Daud, sunah karena Allah Ta'ala"

Selayaknya ibadah lain, dalam menjalankan ibadah puasa Daud sebaiknya dilakukan dengan tulus, ikhlas, tanpa paksaan, dan sesuai dengan kemampuan.

Menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa

Sama seperti puasa wajib dan sunah, tata cara puasa Daud selanjutnya adalah menahan diri dari hal yang membatalkan puasa. dari terbitnya fajar sampai waktu berbuka puasa. Hal-hal yang membatalkan puasa di antaranya adalah makan, minum, muntah dengan sengaja, hubungan seksual, keluarnya air mani, haid, gila, dam murtad pada Allah.

5 dari 5 halaman

Keutamaan puasa Daud

[Bintang] Jadwal Sholat, Imsakiyah dan Buka Puasa Hari ke-23, 8 Juni 2018
Perbesar
Ilustrasi puasa (Ilustrasi: Pexels.com)

Ibadah yang dimuliakan Allah

Dari Abdullah bin Amir bin Al Ash. Sahabat itu menuturkan Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

Sebaik-baik salat di sisi Allah adalah salatnya Nabi Daud 'alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau salat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu sehari puasa dan tidak puasa di hari berikutnya. (HR. Bukhari)

Ibarat puasa setengah tahun

Rasulullah SAW bersabda : Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa. (HR. Bukhari no. 6277 dan Muslim no. 1159).

Dimudahkan segala urusan

Puasa Daud dipercaya sebagai waktu di mana segala doa diijabah. Dengan memanjatkan doa dan beribadah selama puasa Daud, kamu akan semakin mendekatkan diri pada Allah dan akan dikabulkan segala doanya.

Ibadah untuk Mendapatkan Jodoh

Puasa Daud dikenal sebagai ibadah untuk mendekatkan jodoh. Manfaat puasa Daud untuk jodoh bisa disebabkan oleh faktor bahwa puasa Daud merupakan ibadah yang paling ijabah untuk berdoa.

Lanjutkan Membaca ↓