Sukses

Awas, Bearing Roda Bermasalah Bisa Merusak Komponen Lain

Salah satu gejala bearing roda mulai aus adalah roda motor terasa goyang saat dikendarai.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu gejala bearing roda mulai aus adalah roda motor terasa goyang saat dikendarai. 

Jika mengalami hal tersebut, pemilik kendaraan sebaiknya segera membawa motor ke bengkel untuk dicek dan melakukan penggantian bearing.

Alasan utama, bearing yang sudah rusak harus diganti ialah mencegah adanya kerusakan lain pada komponen motor, salah satu yang dapat berdampak ialah tromol.

Kenapa tromol? Karena sewaktu roda mulai goyang, posisi komponen ini mulai tak sesuai dengan rem yang seharusnya tetap lurus, seperti dilansir Suzuki Indonesia.

Posisi roda yang tidak simetris inilah yang menyebabkan kerusakan pada tromol. Penjelasan singkatnya, saat rem dipakai, kampas rem cuma akan menggigit tromol di satu bagian, sehingga permukaannya menjadi bergelombang dan akhirnya ikut rusak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kisaran Harga

Hal ini tentu berpengaruh pada biaya servis yang membengkak. Rata-rata harga tromol saat ini berkisar Rp 150 ribu hingga 200 ribu.

Padahal kalau hanya mengganti bearing, harga yang di keluarkan hanya Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu.

Tidak hanya tromol, komponen yang bisa ikut rusak karena bearing ialah gir dan rantai yang menjadi cepat aus. Ban dan suspensi juga bisa kena imbas bearing rusak yang tidak segera diganti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini