Sukses

Quraish Shihab: Berserah Diri, Kunci Mendapatkan Ketenangan Batin

Menurut[ Quraish Shihab ada dua hal untuk memperoleh ketenangan batin. Pertama, menghayati sekuat kemampuan tentang sifat-sifat Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Alllah SWT berfirman,"Sungguh dengan menyebut-nyebut nama Allah, hati akan menjadi tenang."

Mengapa demikian? Menurut Quraish Shihab, ada dua hal untuk memperoleh ketenangan batin. Pertama, menghayati sekuat kemampuan tentang sifat-sifat Allah SWT. Kedua, berserah diri sepenuhnya kepada Allah setelah memberikan usaha maksimal. 

Makna yang pertama ingin menjelaskan, bahwa ada banyak sifat-sifat yang dimiliki Allah. Tapi ada satu ayat di dalam Al-Quran yang dinamakan ayat pemelihara, pemberi ketenangan. Dalam ayat itu disebut tidak kurang dari 17 kata yang menunjuk kepada Allah.

Tidak ada satu ayat dalam Al-Quran yang mengandung kata yang menunjuk kepada Allah lebih dari ayat tersebut.

Dari kandungan ayat tersebut dapat dilihat bagaimana Dia memberikan ketenangan kepada orang yang menghayati makna-makna ini. Tidak ada penguasa, tidak ada pengendali, tidak ada pencipta alam raya ini kecuali Dia. Al Hayyu, Dia Yang Maha Hidup dan Dia Yang Memberi Hidup.

Al Qayyum, Dia yang mengurus seluruh makhluk dengan sempurna, termasuk diri kita tentu saja. Dia juga tidak disentuh oleh kantuk dan tidak pula tidur.

"Jika demikian maka janganlah khawatir karena Dia selalu melihat kita dan bersama kita setiap saat. Bahkan ketika kita tidur nyenyak pun Allah tetap terjaga melihat dan mengetahui kita," ucap Quraish Shihab.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.