Sukses

Quraish Shihab: Seorang Muslim Adalah yang Selamatkan Orang Lain dari Gangguan Lidah dan Tangannya

Quraish Shihab juga mengungkap ada tiga tingkatan interaksi yang dilakukan antar sesama manusia menurut para pakar.

Liputan6.com, Jakarta Menurut Quraish Shihab, jika seseorang berinteraksi kepada Allah, manusia, makhluk hidup, dan alam, maka akan semakin baik keberagamaannya.

"Sebaliknya, keberagamannya akan semakin buruk kalau tidak dinilai beragama," ucap Quraish Shihab.

Pendiri Pusat Studi Alquran ini juga mengungkap ada tiga tingkatan interaksi yang dilakukan antar sesama manusia menurut para pakar. 

Pertama, mendahulukan orang lain atas diri sendiri. Kedua, memperlakukan orang lain sama terhadap perlakuan kepada diri sendiri.

Sedangkan tingkatan ketiga adalah tidak mengganggu. "Seorang muslim adalah yang selamatkan orang lain dari gangguan lidah dan tangannya," ungkap Quraish Shihab. 

Lantas, bentuk gangguan apa sajakah itu? Berdasarkan ayat dan hadits dalam Alquran disebutkan, gangguan tersebut berupa tidak mencerca, tidak memaki, dan tidak memukul. 

"Janganlah satu kaum menghina dan mengejek kaum yang lain. Boleh jadi yang diejek lebih tinggi derajatnya dan lebih baik dari dia." tutup Quraish Shihab di akhir renungannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.