Penentuan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H Ditetapkan Sore Ini

Oleh Fitri Syarifah pada 22 Mei 2020, 09:40 WIB
Diperbarui 22 Mei 2020, 10:34 WIB
Menag Fachrul Razi Bahas Pembangunan SDM di Rakornas Indonesia Maju
Perbesar
Menteri Agama Fachrul Razi (kanan) menyampaikan pendapatnya saat diskusi panel III Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forkopimda di Bogor, Rabu (13/11/2019). Panel III itu membahas pembangunan sumber daya manusia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Sidang Isbat untuk menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriyah atau Idul Fitri tahun 2020 Masehi akan digelar Kementerian Agama pada sore ini.

Dikutip Antara, sidang tersebut rencananya akan membatasi jumlah hadirin dan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Menteri Agama Fachrul Razi dijadwalkan akan memimpin langsung tiga sesi sidang isbat diawali dengan pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441 H oleh anggota tim Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya sebelum Maghrib.

Sementara jika hilal tidak terlihat maka bulan puasa tahun ini disempurnakan (istikmal) menjadi 30 hari atau dengan kata lain Idul Fitri jatuh pada Minggu (24/5).

Adapun titik hilal oleh tim Kemenag dilakukan di berbagai titik di Indonesia. Dalam menentukan titik munculnya hilal dibantu dengan perhitungan astronomi (hisab). Sementara untuk mengonfirmasinya, dilakukan dengan melihat wujud hilal dengan metode rukyat dipadukan alat teropong.

 


Muhammadiyah sudah lebih dulu tetapkan lebaran

Pertemuan PBNU dan Muhammadiyah-Said Aqil Siradj-Haedar Nashir
Perbesar
Ketum PP Muhammadiyah H. Haedar Nashir memberi keterangan di kantor PBNU, Jakarta, Jumat (23/3). Pertemuan membahas implementasi Islam yang damai dan toleran menuju Indonesia berkeadilan dalam menyongsong tahun politik. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan awal Lebaran jatuh pada Minggu (24/5) melalui metode penghitungan atau hisab.

Melalui Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/l.O/E/2020, salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia tersebut melakukan penghitungan astronomi hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya