Sukses

Jelang Lebaran, Asteroid 1997 BQ Akan Melintasi Bumi

Sebelum Lebaran, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan, asteroid 136795 (1997 BQ) akan melintas Bumi

Liputan6.com, Jakarta Sebelum Lebaran Idul Fitri 1441 H, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan, asteroid 136795 (1997 BQ) akan melintas Bumi pada Jumat (22/5) pukul 04.44 WIB pada jarak 6,16 juta kilometer.

"Jarak papasan dekatnya mencapai 16 kali jarak Bumi-Bulan, jadi masih dapat dikatakan aman, tidak akan berdampak," kata peneliti dari Pusat Sains Antartiksa Lapan, Emanual Sungging Mumpuni, dikutip Antara.

Asteroid yang berukuran 1,5 kilometer ini dikategorikan sebagai Asteroid Apollo dengan kelas spektral S (siliceous) serta Asteroid Berpotensi Berbahaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sering terjadi

Kendati demikian, Emanuel menuturkan, peristiwa asteroid melintas dekat Bumi senantiasa terjadi. Oleh karena itu, harus selalu diawasi besarnya, arahnya, serta lintasannya yang mendekat Bumi.

Perlu diketahui, besaran dampak yang ditimbulkan asteroid jika menabrak Bumi sangat bergantung pada ukuran besar asteroid.

Emanuel mengatakan, jika ada asteroid yang begitu besar menabrak Bumi, maka dampaknya bisa sampai menyebabkan kepunahan dinosaurus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini