3 Aplikasi Kece untuk yang Tak Bisa Mudik Lebaran di Tengah Pandemi

Oleh Yuslianson pada 22 Mei 2020, 01:00 WIB
Diperbarui 22 Mei 2020, 10:28 WIB
Cara chat LINE di PC tanpa perlu install aplikasi

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan dan Lebaran tahun ini jauh berbeda dari sebelumnya, karena kondisi pandemi Covid-19 yang melanda berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Untuk memutus rantai penyebaran virus corona Covid-19, sejumlah negara pun memberlakukan aturan social distancing (pembatasan sosial).

Di Indonesia, pemerintah pun sudah mengeluarkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan harapan warga di Tanah Air untuk membatasi kegiatan mereka untuk di rumah saja.

Hal ini tentunya berlaku dengan larangan untuk tidak melakukan kegiatan mudik, yang sangat identik dengan Hari Raya Lebaran atau Idul Fitri.

Berhubung tidak bisa bercengkrama dengan keluarga atau kerabat di kampung halaman, kamu dapat memanfaatkan sejumlah aplikasi pesan singkat untuk komunikasi jarak jauh menjadi lebih mudah.

Seiring perkembangannya, aplikasi tersebut tidak hanya untuk sekadar berkirim pesan, tapi juga melakukan panggilan video.

Banyak aplikasi pesan singkat sudah memiliki kemampuan panggilan video ini. Untuk lebih mudahnya, berikut 3 aplikasi untuk membuat Lebaran semakin bermakna dengan orang-orang terdekat, meski jarak memisahkan.

2 dari 4 halaman

1. WhatsApp

WhatsApp (AP Photo/Patrick Sison, File)

WhatsApp merupakan aplikasi pesan singkat populer saat ini. Salah satu fitur unggulannya adalah pengguna bisa melakukan panggilan video.

Selain mudah digunakan, fitur video call di WhatsApp kini sudah mendukung hingga 8 partisipan. Untuk melakukan panggilan video, sama seperti ketika pengguna menelepon menggunakan WhatsApp.

Caranya, cukup buka kontak penggguna lain yang akan dihubungi pada WhatsApp. Setelahnya di bagian atas kolom chat, terdapat ikon video untuk melakukan panggilan. Panggilan video bisa dilakukan empat orang sekaligus.

 

3 dari 4 halaman

2. Line

Logo LINE / Sumber: wikipedia.org

Line juga salah satu aplikasi pesan singkat yang sedang populer. Aplikasi ini banyak digunakan oleh anak-anak muda dengan keunggulan fitur stiker dan filternya yang menggemaskannya.

Baru-baru ini, Line memperkenalkan fitur video call yang mendukung hingga 200 partisipan secara bersamaan.

Dengan ini, kamu dapat berkomunikasi dengan keluarga, teman, kerabat di kampung. Tak hanya itu, kamu juga mengimplementasikan stiker ketika video call.

 

4 dari 4 halaman

3. Google Meet

Ilustrasi Google Meet. Kredit: Google

Tak mau ketinggalan, Google meng-update aplikasi video call miliknya, Meet.

Walau fungsi aplikasi ini lebih banyak digunakan untuk video conference dalam kalangan pekerja kantoran, kamu bisa pakai Meet untuk berkomunikasi dengan keluarga di kampung halaman.

tampilan aplikasi pun cukup sederhana, tetapi mampu mendukung partisipan hingga 100 orang.

Semua aplikasi ini bisa diunduh di toko Play Store dan App Store, secara gratis. Biaya panggilan video, dipotong dari kuota data, jika pengguna berlangganan paket internet.

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓