Sukses

Jemaah An-Nadzir Gelar Salat Idul Fitri 1441 Hijriah Besok

Keputusan itu diambil setelah Tim 7 jemaah An-Nadzir melaksanakan isbat.

Liputan6.com, Gowa - Jemaah An-Nadzir memastikan diri akan menggelar salat Idul Fitri 1441 Hijriah pada Sabtu, 23 Mei 2020 mendatang. Keputusan itu diambil oleh jemaah yang bermarkas di Kampung Batua, Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bonto Marannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, ini setelah melakukan berbagai perundingan dan musyawarah. 

Pimpinan jemaah An-Nadzir, Samiruddin Pademmui, membentuk Tim 7 untuk memantau isbat kapan Ramadan berakhir. Tim 7 itu pun telah melaporkan hasil pemantauan meraka. 

"Berdasarkan hasil laporan Tim 7 di atas, maka diambil sebuah kesimpulan bahwasanya pergantian bulan Ramadan ke Syawal akan terjadi di hari Jumat dengan menunggu terjadinya pasang puncak (kondak) air laut," kata Samiruddin kepada Liputan6.com, Kamis (21/5/2020).

Berdasarkan data dari hasil musyawarah Tim 7 dan dihadiri oleh segenap jamaah tersebut itulah, jemaah An-Nadzir sepakat bahwa 1 Syawal 1441 Hijriah akan jatuh pada pergantian hari Jumat ke hari Sabtu besok.

"Dengan mengucapkan Bismillahir Rahmanir Rahim dan dengan mengharapkan Ridha Allah Subhanahu Wata'ala, Jamaah An-Nadzir Gowa telah memutuskan dan menetapkan 1 Syawal 1441 H masuk pada hari Jumat-Sabtu," terang Samiruddin. 

Namun karena pelaksanaan salat Idul Fitri dilakukan pada pagi hari, Samiruddin pun memutuskan pelaksanaan salat Id-nya akan dilakukan pada Sabtu, 23 Mei 2020. 

"Karena pelaksanaan salat Idul Fitri di pagi hari, dan demi menjaga kehati-hatian, maka Jamaah An-Nadzir Gowa telah memutuskan dan menetapkan pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 H dilaksanakan pada Sabtu, 23 Mei 2020," dia memungkasi. 

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.