Jelang Lebaran, Ketahui Manfaat Ucapkan Maaf dari Hati Terdalam bagi Kesehatan

Oleh Benedikta Desideria pada 21 Mei 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 21 Mei 2020, 09:00 WIB
Kata-kata Minta Maaf

Liputan6.com, Jakarta Ketika Lebaran tiba, saatnya mengucap maaf pada keluarga, tetangga, rekan dan sahabat. Bila kata maaf yang terucap benar-benar dihayati dan tulus diuacapkan, akan berdampak positif pada kesehatan.

Seperti kita tahu, meminta maaf membuat hubungan dengan orang lain bisa kembali baik. Jika dulu sempat tegang sekarang membaik. Selain membuat hubungan sosial jadi baik, manfaat minta maaf juga berpengaruh ke kesehatan.

Menurut psikolog klinis, Jeanette Raymond, saat seseorang dengan tulus meminta maaf, stres akan berkurang, tingkat hormon kembali seimbang, dan tingkat energi kembali normal seperti mengutip Everyday Health.

 

2 dari 2 halaman

Jangan Ucapkan Maaf Jika Hanya di Bibir Saja

Sementara jika meminta maaf hanya di bibir saja, padahal memang memiliki kesalahan, berarti masih menyimpan emosi negatif.

"Permintaan minta maaf yang seperti itu justru membuatnya merasa cemas atau kondisi-kondisi kesehatan yang terkait masalah stres seperti penyakit jantung dan nyeri otot," kata psikilog klinis lain Daniel Watter.

Manfaatkan momen Lebaran kali ini untuk mengucapkan maaf sepenuh hati dan tulus. Selain hubungan, kesehatan Anda pun membaik.

Lanjutkan Membaca ↓