Rekomendasi Aplikasi Iqro dengan Audio

Oleh Mochamad Wahyu Hidayat pada 21 Mei 2020, 01:00 WIB
Diperbarui 21 Mei 2020, 01:00 WIB
Aplikasi Belajar Iqro dengan Audio

Liputan6.com, Jakarta - Iqro merupakan salah satu metode untuk belajar baca Alquran yang dipelopori oleh Kyai Haji As'ad bin Humam.

Pada awal 1990-an, kitab Iqro mulai diterbitkan dan terdiri dari enam jilid (Iqra 1 hingga Iqra 6). Tingkat kesulitan dari jilid satu hingga enam semakin tinggi.

Umumnya, Iqro dipelajari oleh anak-anak TK sampai hingga sekolah dasar atau pemula lainnya yang hendak belajar membaca Alquran.

Kini, berkat perkembangan teknologi, Iqro sudah tersedia dalam bentu aplikasi digital dan salah satunya adalah aplikasi berjudul "Belajar Iqro dengan Audio".

"Belajar Iqro dengan Audio adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk memudahkan pengguna dalam belajar membaca Alquran, khususnya pengguna anak-anak yang baru belajar membaca dan belajar mengaji, sehingga aplikasi ini disertai dengan gambar dan warna yang menarik untuk anak-anak dan suara audio yang dibaca oleh anak-anak," ujar AiraSoft, sang pengembang aplikasi.

Saat artikel ini ditulis, aplikasi "Belajar Iqro dengan Audio" telah diunduh lebih dari satu juta kali dengan penilaian 4,6/5. 

Pastikan perangkat kamu telah menjalankan Android versi 2.3.3 atau lebih tinggi supaya bisa memasang aplikasi ini.

2 dari 3 halaman

Fitur

Aplikasi Belajar Iqra ini terdiri dari 6 tingkatan tahap belajar, dari Iqro 1 sampai Iqro 6, yang dilengkapi dengan audio bacaan dan petunjuk bacaan.

Saat ini sudah tersedia Iqro 1, Iqro 2, Iqro 3, Iqro 4, dan Iqro 5, sedangkan untuk Iqro 6 masih dalam proses pembuatan dan akan diselesaikan secepatnya.

Iqro 1

Belajar huruf Hijaiyah dari Alif sampai Ya, dengan bacaan fathah ('a').

Iqro 2

Belajar huruf sambung dan bacaan panjang (mad asli / thobi'i).

Iqro 3

Belajar bacaan kasroh ('i'), dhommah ('u'), bacaan panjang, dan variasinya.

3 dari 3 halaman

Iqro 4, 5, dan 6

Iqro 4

Belajar bacaan tanwin: fathatain ('an'), kasrotain ('in'), dan dhommatain ('un'), serta bacaan mati (sukun), nun mati, qolqolah, dan variasinya.

Iqro 5

Belajar bacaan waqof, tasydid, mad jaiz munfasil, mad wajib muttasil, mad lazim kilmi mutsaqqol, idzhar, idghom, hukum mim mati, dsb.

Iqro 6

Belajar iqlab, ikhfa, tanda waqof (berhenti), beberapa macam variasi huruf yang diwaqofkan, pengenalan dan cara membaca beberapa huruf awal surat di Al-Qur'an, dsb.

Lanjutkan Membaca ↓