Sukses

Jurus Olahraga Anti-Haus Saat Puasa Ramadan, Coba Yuk

Ingin tetap berolahraga saat puasa Ramadan? Coba trik ini agar terhindar dari rasa haus dan lelah berlebih.

Liputan6.com, Jakarta - Dikutip dari Khaleej Times, Selasa (19/05/2020), berolahraga selama Ramadan bisa menjadi tantangan mengingat waktu puasa dan kurangnya cairan tubuh yang dapat mengakibatkan dehidrasi atau kecapekan. 

Namun, untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dan tidak merasa lesu selama bulan Ramadan, olahraga tetap dibutuhkan dan juga sangat penting untuk orang-orang yang melakukan puasa untuk tidak merasa lapar dan haus ketika berolahraga. 

Dubai membagikan beberapa cara untuk berolahraga melalui postingan Instagram, menekankan bahwa olahraga bisa membuat tubuh terasa lebih memiliki energi, tergantung waktu dan kegiatan fisik seseorang. 

Di postinga tertulis: "Tahukah Anda bahwa berolahraga selama Ramadan bisa menjadi salah satu hal yang penting yang dapat menguntungkan tubuh dan memberikanya energi, bila Anda memiliki olahraga yang tepat." 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jurus Olah Raga Selama Puasa Ramadan Anti-Haus

 1. Berolahragalah selama 1,5 jam sebelum iftar atau 2 jam setelah iftar. 

 2. Jangan terlalu banyak makan makanan yang mengandung lemak atau gula

 3. Banyak lah minum air putih di antara sahur dan iftar 

 4. Carilah tempat dengan ventilasi yang baik untuk berolahraga 

 5. Carilah olahraga ringan yang tepat seperti jogging, jalan kaki, bersepeda dan berenang 2 jam setelah iftar. 

Selain itu ada 4 tips juga yang dapat membantu Anda untuk menjaga kebugaran tubuh selama puasa Ramadan, dikutip dari sejumlah sumber: 

1. Perbanyak Minum Air Putih

Saat waktu sahur dan berbuka puasa tiba, perbanyaklah minum air putih. Kehadiran cairan membantu menggantikan cairan yang hilang selama berpuasa. Selain itu, hindari juga minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi. Sebab, kafein dapat memicu intensitas buang air kecil menjadi lebih sering, sehingga mudah membuat kamu dehidrasi.

2. Konsumsi Makanan yang Banyak Mengandung Air, Vitamin, Nutrisi dan Mineral

Tidak hanya berasal dari minuman, mengonsumsi makanan yang kaya akan air juga bisa membantu kamu untuk menjaga kebugaran tubuh, seperti sup atau salad sayuran. Pastikan juga makanan yang kamu konsumsi mengandung vitamin, nutrisi, serta mineral. Beberapa makanan tersebut antara lain sayur, buah, ikan, daging, dan susu.

3. Berbuka dengan Buah Kurma dan Hindari Gorengan

Saat waktu berbuka tiba, disarankan untuk mengonsumsi tiga buah kurma. Sebab, kurma merupakan salah satu sumber serat yang baik bagi tubuh. Sebaiknya hindari juga makan gorengan sebagai menu berbuka. 

4. Tetap Berolahraga

Tidak ada larangan untuk berolahraga saat menjalani puasa. Cobalah untuk melakukan aktivitas ringan seperti berjalan kaki atau jogging ringan. Dengan memperbanyak gerakan, tubuh dan pikiran juga akan menjadi lebih sehat.

 

Reporter: Yohana Belinda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini