Telat Bangun Sahur? Ini 6 Menu yang Bisa Cepat Saji

Oleh Liputan6.com pada 16 Mei 2020, 21:20 WIB
Diperbarui 16 Mei 2020, 22:24 WIB
Pembuatan Telur Dadar Raksasa di Belgia
Perbesar
Anggota World Giant Omelette Brotherhood memecahkan telur untuk omelet raksasa di Malmedy, Belgia, Selasa (15/8). Tahun ini acara kembali digelar meski ada masalah pencemaran insektisida fipronil pada sejumlah produk telur di Eropa. (JOHN THYS/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para mahasiswa atau pemuda yang merantau, bangun sahur sendiri adalah hal biasa. Jika khawatir bangun telat saat dekat imsak, ada beberapa menu praktis yang bisa menjadi pilihan selain mi instan. 

Jangan sampai hanya gara-gara telat bangun, akhirnya Anda tidak makan sahur  dan harus menahan lemas saat berpuasa. Dengan sedikit waktu, ada santapan sahur yang relatif sehat dan cepat dibuat.

Menu sahur tersebut terdiri atas telur, atau roti dengan selai, hingga tahu dan ikan. 

Berikut ini tips membuat makanan untuk sahur yang simpel saat bangun telat, agar kebutuhan energi dan nutrisi selama menjalankan puasa tetap terjaga, seperti dikutip dari sejumlah sumber, Sabtu (16/5/2020):

2 dari 8 halaman

1. Oatmeal Ditambah Buah-buahan Segar (3 Menit)

ilustrasi oatmeal
Perbesar
ilustrasi oatmeal (sumber: iStockphoto)

Mengenyangkan dan sehat, inilah kata yang tepat untuk menu sahur yang satu ini. Seduh oatmeal dengan air hangat, lalu campurkan dengan potongan buah segar di atasnya.

Kalau rasanya masih terlalu hambar, Anda bisa campurkan sedikit madu. Mudah, kan? Tak butuh waktu banyak, cukup sekitar 3 menit saja, menu sahur sehat dan mengenyangkan ini pun siap disantap saat bangun telat.

3 dari 8 halaman

2. Telur Orak-arik ala Western (5 Menit)

Resep Makanan Sederhana
Perbesar
Resep Makanan Sederhana dari Telur orak-arik (iStockphoto)

Mengudap menu sahur ala western tampaknya sulit, apalagi jika Anda suka bangun kesiangan. Tapi tidak dengan menu yang satu ini, namanya telur orak-arik.

Dalam waktu kurang dari 5 menit, telur orak-arik atau istilah kerennya scramble egg bisa disajikan di meja makan. Sajikan dengan potongan sosis, lalu bubuhi dengan saus. 

4 dari 8 halaman

3. Tahu Goreng (6 Menit)

Tahu goreng
Perbesar
ilustrasi/copyright pixabay.com/focusonpc

Makanan murah sering disepelekan karena cita rasanya dianggap biasa aja bisa jadi penyelamat saat telat bangun untuk sahur. Cukup rendam 1 menit saja dalam larutan garam dan bawang putih, lalu goreng selama 5 menit.

Anda pun sudah bisa menikmati tahu goreng yang gurih untuk santapan sahur yang mepet.

5 dari 8 halaman

4. Nasi dengan Ikan Sarden (3 Menit)

Resep Sarden/resepkoki
Perbesar
Resep Sarden/resepkoki

Seperti kita tahu, nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Jadi, jika belum makan nasi, rasanya seperti belum makan apa-apa.

Nah, jika Anda bangun telat untuk makan sahur, pastikan punya setidaknya 1 kaleng sarden yang tinggal dipanaskan sekitar 2-3 menit saja guna disantap dengan nasi. Yang penting jangan lupa menanak nasi putih sebelum tidur.

6 dari 8 halaman

5. Roti Gandum Oles Selai (1 Menit)

Tak Hanya dengan Meses, Seniman Ini Buat 7 Lukisan Keren dari Roti Tawar
Perbesar
Lukisan roti tawar (Sumber: Instagram/sasamana1204)

Yang lebih praktis lagi untuk menyiapkan makan buat sahur saat bangun telat, ambil saja beberapa lembar roti sesuai keinginan dan olesi dengan selai. Cukup 1 menit saja, makanan buat sahur sudah bisa dinikmati.

7 dari 8 halaman

6. Sereal Plus Susu (1 Menit)

[Bintang] Ilustrasi Makanan Sereal
Perbesar
Cukupkah sarapan dengan sereal dan susu setiap harinya? Cari tahu di sini! (Sumber Foto: choice.com.au)

Menu makanan yang satu ini juga tak kalah cepatnya untuk dibuat. Di saat-saat terdesak oleh mepetnya waktu menjelang imsak, beberapa sendok sereal ditambah susu pun bisa jadi alternatif pengganjal perut yang mengenyangkan di saat waktu mepet. Anda hanya butuh waktu 1 menit saja bahkan kurang, untuk menyajikannya.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓