Sukses

Telat Bangun Sahur? Ini 6 Menu yang Bisa Cepat Saji

Cek daftar menu yang bisa dibuat cepat jika telat bangun saat sahur untuk puasa Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para mahasiswa atau pemuda yang merantau, bangun sahur sendiri adalah hal biasa. Jika khawatir bangun telat saat dekat imsak, ada beberapa menu praktis yang bisa menjadi pilihan selain mi instan. 

Jangan sampai hanya gara-gara telat bangun, akhirnya Anda tidak makan sahur  dan harus menahan lemas saat berpuasa. Dengan sedikit waktu, ada santapan sahur yang relatif sehat dan cepat dibuat.

Menu sahur tersebut terdiri atas telur, atau roti dengan selai, hingga tahu dan ikan. 

Berikut ini tips membuat makanan untuk sahur yang simpel saat bangun telat, agar kebutuhan energi dan nutrisi selama menjalankan puasa tetap terjaga, seperti dikutip dari sejumlah sumber, Sabtu (16/5/2020):

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Oatmeal Ditambah Buah-buahan Segar (3 Menit)

Mengenyangkan dan sehat, inilah kata yang tepat untuk menu sahur yang satu ini. Seduh oatmeal dengan air hangat, lalu campurkan dengan potongan buah segar di atasnya.

Kalau rasanya masih terlalu hambar, Anda bisa campurkan sedikit madu. Mudah, kan? Tak butuh waktu banyak, cukup sekitar 3 menit saja, menu sahur sehat dan mengenyangkan ini pun siap disantap saat bangun telat.

3 dari 7 halaman

2. Telur Orak-arik ala Western (5 Menit)

Mengudap menu sahur ala western tampaknya sulit, apalagi jika Anda suka bangun kesiangan. Tapi tidak dengan menu yang satu ini, namanya telur orak-arik.

Dalam waktu kurang dari 5 menit, telur orak-arik atau istilah kerennya scramble egg bisa disajikan di meja makan. Sajikan dengan potongan sosis, lalu bubuhi dengan saus. 

4 dari 7 halaman

3. Tahu Goreng (6 Menit)

Makanan murah sering disepelekan karena cita rasanya dianggap biasa aja bisa jadi penyelamat saat telat bangun untuk sahur. Cukup rendam 1 menit saja dalam larutan garam dan bawang putih, lalu goreng selama 5 menit.

Anda pun sudah bisa menikmati tahu goreng yang gurih untuk santapan sahur yang mepet.

5 dari 7 halaman

4. Nasi dengan Ikan Sarden (3 Menit)

Seperti kita tahu, nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Jadi, jika belum makan nasi, rasanya seperti belum makan apa-apa.

Nah, jika Anda bangun telat untuk makan sahur, pastikan punya setidaknya 1 kaleng sarden yang tinggal dipanaskan sekitar 2-3 menit saja guna disantap dengan nasi. Yang penting jangan lupa menanak nasi putih sebelum tidur.

6 dari 7 halaman

5. Roti Gandum Oles Selai (1 Menit)

Yang lebih praktis lagi untuk menyiapkan makan buat sahur saat bangun telat, ambil saja beberapa lembar roti sesuai keinginan dan olesi dengan selai. Cukup 1 menit saja, makanan buat sahur sudah bisa dinikmati.

7 dari 7 halaman

6. Sereal Plus Susu (1 Menit)

Menu makanan yang satu ini juga tak kalah cepatnya untuk dibuat. Di saat-saat terdesak oleh mepetnya waktu menjelang imsak, beberapa sendok sereal ditambah susu pun bisa jadi alternatif pengganjal perut yang mengenyangkan di saat waktu mepet. Anda hanya butuh waktu 1 menit saja bahkan kurang, untuk menyajikannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.