Sukses

Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 16 Mei 2020 di Kota Besar dan Tips Puasa saat Hamil

Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 16 Mei 2020 berbeda di setiap daerah.

Liputan6.com, Jakarta Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 16 Mei 2020 sudah seharusnya kamu sebagai umat muslim ketahui. Dengan mengetahui jadwal imsak serta jadwal shalat wajib dapat membuat puasa Ramadan kamu lebih teratur.

Sedangkan Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 16 Mei 2020 berbeda di setiap daerah. Perbedaan pada jadwal imsak serta jadwal shalat di setiap daerah mengharuskan kamu untuk teliti dalam mencermati waktu imsak. Jangan sampai puasa kamu menjadi batal atau tidak sah hanya karena masih makan di waktu sudah imsak.

Selama waktu imsak di daerah tempat tinggalmu belum masuk, maka kamu bisa mengabaikan tayangan televisi yang mengumumkan waktu imsak untuk daerah-daerah di kota lain. Karena itulah, sangat penting untuk mengetahui jadwal imsak saat puasa di tempat tinggalmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Kementerian Agama, Sabtu (16/5/2020) Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 16 Mei 2020

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 16 Mei 2020 di Beberapa Kota Besar

Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 16 Mei 2020 di beberapa kota besar Indonesia:

Jakarta: 04.25 WIB

Bandung: 04.23 WIB

Surabaya: 04.03 WIB

Jogja: 04.13 WIB

Banda Aceh: 04.54 WIB

Medan: 04.44 WIB

Padang: 04.44 WIB

Pekanbaru: 04.37 WIB

Palembang: 04.29 WIB

Semarang: 04.12 WIB

Pontianak: 04.07 WIB

Banjarmasin: 04.50 WITA

Denpasar: 04.55 WITA

Makassar: 04.34 WITA

Palu: 04.26 WITA

Mataram: 04.51 WITA

Kupang: 04.23 WIT

Ambon: 04.57 WIT

Sorong: 04.40 WIT

Jayapura: 04.05 WIT

3 dari 5 halaman

Niat Puasa Ramadan

Berpuasa di bulan ramadan merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim. Kewajiban berpuasa di bulan ramadan ini tentunya membuat kamu harus serius dalam menjalankannya. Bagi kamu yang mungkin sudah lupa atau untuk anak-anak yang baru mulai puasa pada tahun ini, bisa melihat niat puasa di bawah ini.

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan ramadan karena Allah Ta’ala.”

Pentingnya niat puasa ramadan bahkan bisa membuat puasa kamu tidak sah bila tidak berniat dari dalam hati. Kamu tidak harus mengucapkannya, berniat di dalam hati saja sudah cukup. Niat merupakan doa puasa ramadan yang harus kamu lakukan sebelum besoknya melakukan ibadah puasa. Kamu bisa berniat malam ketika selesai sholat tharawih maupun ketika selesai sahur sebelum imsak. Jadi kamu wajib menghafalkan niat berpuasa yang merupakan salah satu doa puasa ramadan ini.

Dengan mengenal doa-doa yang harus diketahui selama bulan ramadan ini, kamu bisa melakukan ibadah puasa dengan lebih khusyuk dan baik. Semoga amal ibadah kita di bulan ramadan diterima oleh Allah SWT.

4 dari 5 halaman

Tips Puasa saat Hamil

Tetap Tenang dan Hindari Stres

Tips aman berpuasa saat hamil yang pertama adalah tetap tenang dan hindari stres. Penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang berpuasa memiliki hormon stres yang lebih tinggi, dan ini dapat berefek buruk terhadap kesehatannya dan janin.

Penting bagi ibu hamil untuk tidak dalam keadaan stres selama bulan Ramadan. Bila masih disibukkan dengan rutinitas bekerja, kamu bisa mengatur jadwal dengan tetap mendapatkan waktu istirahat yang cukup setiap hari.

Hindari Aktivitas Berat

Tips aman berpuasa saat hamil selanjutnya adalah menghindari aktivitas berat. Kurangi aktivitas-aktivitas yang terlalu menguras energi. Hindari mengangkat barang-barang berat dan berjalan terlalu jauh. Selain itu, penting juga untuk memiliki orang-orang terdekat yang bisa diandalkan bila sewaktu-waktu kita butuh bantuan, seperti suami atau saudara dekat.

Jika perlu, kurangi kegiatan rumah tangga yang melelahkan. Jika kamu merasa lelah, cobalah untuk rileks dan beristirahat sejenak. Untuk ibu hamil yang bekerja periksa kemungkinan apakah kantor dapat mengurangi jam kerja atau memberikan tambahan waktu istirahat selama bulan puasa.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh saat Sahur dan Berbuka

Tips aman berpuasa saat hamil berikutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan. Air putih wajib dicukupi kebutuhannya setiap sahur dan berbuka. Saat sahur, bisa ditambahkan dengan mengonsumsi sup iga untuk mengganti cairan tubuh.

Pada saat sahur dan berbuka bisa minum 1,5 liter air putih. Selain itu, hindari juga minuman berkafein seperti teh, kopi, dan soft drink karena berisiko menyebabkan dehidrasi.

Penuhi Kebutuhan Protein setiap Sahur dan Berbuka

Kacang-kacangan, telur, ikan, dan daging yang sudah matang merupakan sumber protein. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai tips aman berpuasa saat hamil pada waktu sahur dan berbuka.

Dengan kata lain, usahkan selalu ada menu atau sajian berprotein untuk disantap saat sahur dan berbuka. Khususnya, ketika sahur sangat penting mengonsumsi cukup protein untuk bisa menjaga perut kenyang lebih lama.

5 dari 5 halaman

Tips Puasa saat Hamil

Konsumsi Karbohidrat Kompleks dan Serat

Tips aman berpuasa saat hamil selanjutnya adalah mengonsumsi karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat dengan susunan kimia lebih rumit atau kompleks dan memerlukan lebih banyak waktu untuk dicerna oleh tubuh. Karbohidrat kompleks dipandang lebih menyehatkan daripada karbohidrat sederhana.

Saat sahur dan berbuka, pilih menu dengan kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang cukup, seperti gandum utuh dan sayuran segar. Batasi konsumsi makanan instan atau makanan siap saji.

Konsumsi Kurma dan Madu

Salah satu manfaat madu adalah membantu menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Sedangkan, kurma bisa menjadi asupan gula yang cukup untuk memberikan energi pada ibu hamil yang berpuasa.

Tips aman berpuasa saat hamil ini juga memiliki manfaat lainnya. Mengonsumsi kurma, madu, dan didukung dengan air putih yang cukup dapat mencegah sembelit pada ibu hamil.

Batasi Mengonsumsi yang Terlalu Pedas dan Asam

Mengonsumsi makanan yang terlalu pedas saat hamil dikhawatirkan akan memicu kontraksi. Selama berpuasa di bulan Ramadan, saat sahur dan berbuka sebisa mungkin batasi konsumsi yang terlalu pedas dan asam.

Tidak Buru-Buru dalam Menyantap Menu Berbuka

Saat waktu berbuka tiba kadang rasanya ingin menyantap semua hidangan yang ada. Tapi kamu tetap perlu berhati-hati. Bisa dengan mengawalinya dengan minum air putih terlebih dahulu, lalu konsumsi 3 butir kurma.

Saat makan, kunyah setiap suapan perlahan agar dapat tercerna dengan baik. Dengan kata lain, jangan sampai perut “kaget” setiap kali berbuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini