Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 16 Mei 2020 dan Aturan Minum Air Putih saat Puasa

Oleh Husnul Abdi pada 15 Mei 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 15 Mei 2020, 21:00 WIB
Jadwal Imsak Hari Ini
Perbesar
Jadwal Imsak Hari Ini/ Sumber: iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 16 Mei 2020 berbeda di setiap wilayahnya. Jadwal ibadah di bulan Ramadan mulai dari jadwal salat wajib, jadwal imsak, serta jadwal berbuka puasa bisa berbeda-beda di setiap daerah.

Bahkan di kota yang berdekatan sekalipun biasanya ada perbedaan waktu dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Oleh karena itu kamu wajib mengetahui dan memahami perbedaan jadwal puasa Ramadan, terutama di daerah tempat tinggalmu. Kamu harus mencari informasi tentang Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 16 Mei 2020 agar tidak salah dalam melaksanakan ibadah puasa.

Jangan sampai kamu mengikuti jadwal di daerah lain. Biasanya di televisi ada pemberitahuan waktu imsak, namun kebanyakan televisi memakai patokan daerah Jakarta. Jadi kamu harus cermat lagi untuk melihat jadwal puasa Ramadan di daerahmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Kementerian Agama, Jumat (15/5/2020) Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 16 Mei 2020

2 dari 4 halaman

Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 16 Mei 2020 di Beberapa Kota Besar

Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 16 Mei 2020 di beberapa kota besar Indonesia:

Jakarta: 04.25 WIB

Bandung: 04.23 WIB

Surabaya: 04.03 WIB

Jogja: 04.13 WIB

Banda Aceh: 04.54 WIB

Medan: 04.44 WIB

Padang: 04.44 WIB

Pekanbaru: 04.37 WIB

Palembang: 04.29 WIB

Semarang: 04.12 WIB

Pontianak: 04.07 WIB

Banjarmasin: 04.50 WITA

Denpasar: 04.55 WITA

Makassar: 04.34 WITA

Palu: 04.26 WITA

Mataram: 04.51 WITA

Kupang: 04.23 WIT

Ambon: 04.57 WIT

Sorong: 04.40 WIT

Jayapura: 04.05 WIT

3 dari 4 halaman

Niat Puasa Ramadan

Jadwal Imsak Hari Ini
Perbesar
Niat Puasa Ramadan / Sumber: iStockphoto

Berpuasa di bulan ramadan merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim. Kewajiban berpuasa di bulan ramadan ini tentunya membuat kamu harus serius dalam menjalankannya. Bagi kamu yang mungkin sudah lupa atau untuk anak-anak yang baru mulai puasa pada tahun ini, bisa melihat niat puasa di bawah ini.

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan ramadan karena Allah Ta’ala.”

Pentingnya niat puasa ramadan bahkan bisa membuat puasa kamu tidak sah bila tidak berniat dari dalam hati. Kamu tidak harus mengucapkannya, berniat di dalam hati saja sudah cukup. Niat merupakan doa puasa ramadan yang harus kamu lakukan sebelum besoknya melakukan ibadah puasa. Kamu bisa berniat malam ketika selesai sholat tharawih maupun ketika selesai sahur sebelum imsak. Jadi kamu wajib menghafalkan niat berpuasa yang merupakan salah satu doa puasa ramadan ini.

Dengan mengenal doa-doa yang harus diketahui selama bulan ramadan ini, kamu bisa melakukan ibadah puasa dengan lebih khusyuk dan baik. Semoga amal ibadah kita di bulan ramadan diterima oleh Allah SWT.

4 dari 4 halaman

Aturan Minum Air Putih saat Puasa Agar Tidak Dehidrasi

Minum air putih (iStock)
Perbesar
Ilustrasi minum air putih (iStockphoto)

1. Minum Dua Gelas Air Putih saat Berbuka Puasa

Untuk memenuhi kebutuhan air harian kamu di bulan puasa, waktu berbuka dan waktu sahur akan menjadi waktu yang krusial. Karena pada waktu-waktu inilah kamu bisa mengonsumsi atau minum air putih.

Untuk itu, kamu wajib meminum dua gelas air putih saat berbuka puasa. Dengan dua gelas air putih ini pada waktu berbuka, sudah mencukupi untuk tubuhmu yang seharian tidak mendapat asupan cairan.

Kamu bisa membagi waktu minum air putih selama berbuka puasa menjadi satu gelas langsung setelah waktu berbuka sebelum salat maghrib, dan satu gelas lagi setelah azan maghrib. Dengan begitu sudah cukup untuk mencegah dehidrasi terjadi pada tubuhmu.

2. Minum Empat Gelas Air Putih pada Malam Hari

Selain dua waktu yang memang dikhususkan untuk makan dan minum yaitu waktu berbuka dan sahur, kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi air putih saat malam setelah salat tarawih. Pada malam hari ini, kamu bisa minum air putih dengan jumlah lebih banyak dari berbuka dan sahur, yaitu sebanyak empat gelas.

Kamu harus bisa mengatur waktu minum air putih pada malam hari ini. Usahakan untuk tidak mengonsumsi air putih terlalu berdekatan atau hanya dalam sekali waktu. Dengan begitu tubuhmu bisa lebih mudah dalam memproses makanan dan membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

3. Minum Dua Gelas Air Putih saat Sahur

Minum air putih saat sahur memiliki jumlah yang sama dengan saat berbuka, yaitu dua gelas. Pengaturannya pun hampir sama, kamu sebaiknya meminum satu gelas air putih saat akan makan makanan sahur, dan satu gelas lagi saat waktu imsak hampir datang.

Dengan pembagian ini, kamu bisa menjalankan aktivitas berpuasa di siang hari dengan lebih kuat dan bersemangat. Selain itu, hal ini juga bisa memperlancar pencernaan dan membuang racun yang ada dalam tubuhmu.

Selain itu, di waktu sahur ini kamu harus sebisa mungkin menghindari teh atau kopi. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein pada teh dan kopi dapat mengakibatkan kandungan air di dalam tubuhmu cepat hilang, dan akan menimbulkan rasa haus datang lebih cepat.  

Dalam konteks minuman, kamu juga harus menghindari minuman manis. Kamu juga disarankan untuk menghindari makanan manis, karena yang manis-manis ini dapat menyebabkan kamu lebih cepat lapar.

Lanjutkan Membaca ↓