Sukses

7 Cara Atasi Mata Panda Selama Puasa, Ketahui Penyebabnya

Mata panda bisa dihilangkan dengan mudah

Liputan6.com, Jakarta Cara atasi mata panda bisa membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Mata panda bisa muncul selama puasa karena beberapa alasan. Masalah ini bisa terjadi akibat kurang tidur, dehidrasi, atau kelelahan.

Mata panda bisa memberi tampilan lingkaran di bawah mata berwarna gelap mulai dari ungu, biru, hingga hitam, tergantung pada warna kulit. Mata panda bisa mengganggu penampilan, membuat wajah nampak pucat dan lelah. Cara atasi mata panda saat puasa bisa sangat membantu mengembalikan kesegaran wajah.

Cara atasi mata panda saat puasa bisa dilakukan dengan cara alami yang aman. Cara atasi mata panda saat puasa ini bisa kamu praktikkan untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Dengan cara atasi mata panda saat puasa ini, kamu akan makin percaya diri karena tak ada lagi lingkaran hitam di bawah mata..

Berikut cara atasi mata panda saat puasa, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (23/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Minum cukup air saat berbuka dan sahur

Tanda tubuh dehidrasi bisa dilihat dari keadaan kulit. Dehidrasi adalah penyebab umum lingkaran hitam di bawah mata. Ketika tubuh tidak menerima jumlah air yang tepat, kulit di bawah mata mulai tampak kusam dan mata terlihat cekung.

Dehidrasi bisa terjadi selama puasa karena tidak cukup minum air putih selama buka dan sahur. Untuk mengatasi mata panda akibat dehidrasi, pastikan untuk memenuhi asupan cairan saat buka dan sahur.

3 dari 8 halaman

Kompres dingin

Terkadang pembuluh darah yang melebar dapat menggelapkan area di bawah mata. Kompres dingin dapat menyebabkan pembuluh darah mengerut, yang dapat menyebabkan berkurangnya lingkaran hitam.

Mayo Clinic merekomendasikan penggunaan kompres dingin untuk menghilangkan bengkak dan kantung mata. Kamu bisa memanfaatkan es batu atau air es untuk mengatasi mata panda.

Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah yang membesar. Bungkus beberapa es batu dengan handuk bersih dan oleskan ke mata. Kamu juga bisa membasahi waslap dengan air dingin dan menempelkannya ke kulit di bawah mata selama 20 menit untuk efek yang sama.

4 dari 8 halaman

Menggunakan kantong teh

Kantong teh sudah terkenal dapat menghilangkan mata panda. Kandungan kafein dalam teh membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit dan dapat menghilangkan lingkaran hitam di area mata. Tanin dalam teh juga dapat membantu mengurangi bengkak di mata.

Peras kantong teh untuk menghilangkan kelebihan cairan yang ada. Masukkan kantong teh di lemari es selama 10 hingga 20 menit. Tempatkan kantong teh di mata tertutup hingga 30 menit. Kamu bisa menggunakan kantong teh hitam, hijau, atau herbal untuk mengatasi mata panda.

5 dari 8 halaman

Menggunakan timun

Irisan timun yang ditempelkan pada area mata sudah sering dilakukan saat facial atau relaksasi. Mentimun memiliki efek anti-inflamasi yang membantu mengurangi bengkak pada mata.

Menerapkan irisan mentimun ke mata dapat menenangkan mata yang lelah dan mengurangi pembengkakan. Kandungan mentimun yang tinggi air dan vitamin C dapat membantu menyehatkan dan melembabkan kulit. Mentimun juga mengandung silika, yang penting untuk jaringan sehat.

Gunakan mentimun dingin yang sudah disimpan di dalam kulkas. Cuci bersih dan iris tipis timun. Tempelkan pada area mata dan diamkan setidaknya 30 menit. Rileks kan tubuh sementara asam alami mentimun meresap ke dalam kulit. Jika satu sisi mentimun mulai berubah hangat di wajah, balikkan sisinya dan nikmati sensasi dinginnya lagi.

6 dari 8 halaman

Beri pijatan

Buruknya sirkulasi di sekitar mata dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam. Pijatan lembut di sekitar area mata melalui wajah dapat membantu meningkatkan sirkulasi. Kamu bisa memanfaatkan minyak esensial seperti minyak almond atau minyak kelapa untuk mendukung pijatan.

Campurkan minyak kelapa dan minyak almond dan pijat lembut dengan gerakan memutar di sekitar mata. Biarkan selama sekitar satu jam. Lakukan setiap hari sebelum tidur. Di pagi hari, basuh area tersebut dengan air dingin. Ulangi proses ini setiap malam sampai lingkaran hitam hilang.

7 dari 8 halaman

Gel lidah buaya

Gel lidah buaya mengandung aloesin, senyawa yang menghambat aktivitas tirosinase. Menerapkan lidah buaya pada area di bawah mata bisa membantu mencegah pigmentasi berlebih pada kulit. Lidah buaya sering digunakan di sekitar mata untuk membantu menyembuhkan atau memperbaiki kulit yang rusak, meringankan pembengkakan, melembapkan, dan mencerahkan kulit.

Jika menggunakan daun lidah buaya segar, kupas bagian luar daun. Biarkan getah kuning di dalam daun menetes keluar, lalu kikis gel beningnya. Gunakan gel bening ini di bawah area mata. Untuk cara yang lebih aman dan praktis, kamu bisa menggunakan produk gel lidah buaya yang dijual bebas di toko perawatan kulit.

8 dari 8 halaman

Kentang

Kentang parut mentah atau bahkan irisan kentang mentah dingin telah terbukti memiliki efek pencerahan dan penyegaran pada kulit. Jus kentang mengandung asam azelaic yang dapat menghambat aktivitas tirosinase untuk mengurangi pigmentasi. Ini dapat membantu memudarkan lingkaran hitam.

Kamu bisa memarut kentang yang sudah dikupas dan mengoleskan airnya di area bawah mata. Menjadikan parutan kentang sebagai masker mata juga bisa jadi pilihan. Selain itu kamu juga bisa menempelkan irisan kentang pada area bawah mata untuk mengatasi mata panda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.